22 Destinasi Kuliner Terbaik di Surabaya

www.ffaire.com – 22 Destinasi Kuliner Terbaik di Surabaya. Salah satu kota besar di ujung timur pulau Jawa ini kerap menjadi objek wisata bagi banyak orang. Banyak makanan khas Surabaya yang terkenal di seluruh Indonesia, yang membuat banyak wisata kuliner menjadi mapan dan legendaris.

Jika Anda ingin menghabiskan liburan di Surabaya, tidak perlu khawatir memilih tempat singgah dan berselera makan, atau sekedar mampir untuk mencicipi makanan khas setempat. Berikut rekomendasi tempat makan di Surabaya yang sangat terkenal dan tentunya memiliki rasa yang sangat enak dan unik.

  1. Nasi Goreng Jancuk

Menu andalan Surabaya Plaza Hotel adalah nasi goreng yang cukup unik di kawasan Surabaya.

Nama Nasi Goreng Jancuk berawal saat sang chef membuat nasi goreng untuk teman-temannya dan sengaja menambah kandungan cabai, yang membuat teman-temannya spontan mengucapkan kata “jancuk”.

Meski hanya ada dua tingkat, nasi goreng ini memang memiliki kepedasan yang tinggi, namun tingkat paling rendah menggunakan satu ons cabai. Apalagi seporsi hidangan ini berukuran besar dan dijual dengan harga mulai Rp 75.000 per porsi.

  1. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Tempat makan selanjutnya adalah Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang cukup melegenda karena dibangun pada tahun 1970. Awalnya makanan ini dibuat oleh Lim Sian Neo, seorang ibu rumah tangga keturunan Tionghoa, yang setiap hari membeli cingur dari penjual tunanetra karena merasa kasihan.

Seiring berjalannya waktu, sang panglima bingung cara pembuatannya, maka dia membuatnya menjadi rujak yang disebut rujak panglima. Selain lembut penggunaan kacang mede sebagai bumbu, makanan ini unik dan khas, dengan harga Rp 70.000 per porsi.

  1. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen juga menjadi makanan legendaris khas Surabaya karena dimulai sekitar tahun 1945. Seperti namanya, sate ini menggunakan bahan kelapa atau klopo dalam proses pembuatannya.

Gunakan campuran daging sapi atau ayam dan bumbu kelapa parut agar enak. Dan juga ditambahkan Serundeng, selai kacang dan kecap serta bahan pembantu lainnya agar lebih nikmat. Selain itu tekstur dagingnya yang juga kental dan empuk sangat cocok untuk pilihan tempat makan di Surabaya dengan harga Rp 25.000 per porsi.

  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Tempat makan legendaris berikutnya di Surabaya adalah Jalan Prof. Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Dr Moestopo. Lontong Balap ini pertama kali dibuat pada tahun 1956 dan telah diwariskan secara turun-temurun. Dulunya jualan di trotoar, tapi sekarang pindah ke gudang baru.

Keistimewaan hidangan ini adalah campuran sup, bumbu dan bawang goreng, serta lentil yang dibuat dengan kacang tortilla berbumbu. Rasanya sangat segar setelah dinikmati dan dijual dengan harga sangat murah Rp 10.000 per porsi.

  1. Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har merupakan salah satu tempat makan yang gue rekom ketika berkunjung ke kota pahlawan. Soto Lamongan yang dijual di sini memang terkenal dengan keasliannya, kuahnya yang berwarna kuning dan kental didapat dari penggunaan kenari dan kunyit dalam jumlah besar.

Di bagian sajian ini banyak terdapat suwiran ayam, bihun, seledri, dan nasi panas. Selain itu masih ada varian lain seperti jeroan, sop kulit, telur atau ati juga bisa ditambahkan dengan harga mulai dari Rp 20.000.

  1. Sate Karak

Di salah satu tempat makan legendaris di Surabaya ini, Anda bisa menemukan makanan yang kini hampir punah, yakni Karak yang bertubuh penuh. Sate karak memang merupakan penganan khas yang hanya bisa ditemukan di Kota Pahlawan, karena konon asal usul sate jenis ini berasal dari daerah Ampel Surabaya.

Baca Juga: 15 Restoran Unik Terbaik Di Bali

Hidangan yang terkenal sejak tahun 1960-an ini terbuat dari jeroan sapi, khususnya usus sate karak, berbeda dengan karak yang digunakan di Solo yang menggunakan kerupuk beras. Selain itu, penggunaan ketan hitam sebagai pengganti nasi membuatnya menjadi istimewa dengan harga jual sate karak Rp 12.000 per porsi.

  1. Mie bacon

Mie bacon mungkin terdengar aneh dan berkonotasi negatif, namun siapa sangka arti dari makanan ini tidak seburuk kedengarannya. Karena bacon (Pecun) di sini merupakan singkatan dari “non-toxic and spicy”.

Selain itu, meskipun mi yang digunakan adalah mie instan biasa, namun rasanya agak menggoyang lidah, dan tingkat kepedasan dari makanan ini menjadikannya unik. Ada 4 tingkat kepedasan untuk kepedasan, keanehan, kebingungan dan klimaks, dan ada 2 variasi yaitu mie rebus dan mie goreng. Harga terjangkau mulai dari Rp 10.000 per porsi.

  1. Bebek goreng Sinjay

Bebek Goreng Sinjay berasal dari Kaland, Madura, dan kini tersebar di beberapa lokasi di Surabaya. Uniknya sajian ini dipadukan dengan sambal pencit khasnya yaitu sambal pencit yang terbuat dari parutan mangga muda dan sambal berbahan cabe dan udang cincang.

Jika Anda melewatkan makanan jenis ini, sayang untuk mengunjungi Kota Pahlawan, karena sebelum Surabaya bisa membeli makanan semacam ini, orang-orang rela pergi ke Madura (Madura) untuk menikmati makanan semacam ini. Harga Bebek Goreng Sinjay relatif terjangkau dengan harga Rp 25.000 per porsi.

  1. Rawon Setan Surabaya

Rawon memang makanan khas Jawa Timur, dan Surabaya menjadi salah satu tempat paling seru di Surabaya untuk Rawon. Namanya terdengar aneh, sehingga muncullah nama tersebut karena toko Raton buka mulai pukul 22.00 hingga dini hari.

Jam kerja dianggap sama dengan waktu munculnya setan. Terlepas dari namanya, rawon ini memang memiliki kelezatan yang patut untuk dicoba. Apalagi ukuran daging yang digunakan cukup besar untuk diklasifikasikan dan dipotong, serta teksturnya juga lembut. Harganya di kisaran Rp 20.000 per porsi.

Lokasi; Rawon setan ini terletak di Jl. Embong Malang No. 78 / Me, Kent Genteng 60261, Kota Genteng, Kota SBY, Provinsi Jawa Timur.

  1. Sari Laut Kapasan ​​Surabaya

Sari Laut Kapasan adalah salah satu tempat terbaik untuk mencicipi seafood di Surabaya. Tempat makan di Jalan Kapasan ini memang sangat populer di Surabaya, dan hampir selalu ramai dikunjungi.

Menu yang populer di sini adalah kepiting, dan Anda bisa memilih harga yang sesuai dengan berat kepitingnya. Selain itu bumbu yang digunakan juga sangat khas, dengan aroma dan rasa yang kuat membuat seafood yang disajikan oleh Sari Laut Kapasan semakin nikmat. Harganya berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 300.000.

Lokasi; Sari Laut Kapasan terletak di Jl. Kapasan No. 27, Kapassan, Kansas. Simokerto, Kota SBY, Jawa Timur 60141.

  1. Gado-Gado Arjuno Surabaya

Gado-gado Arjuno di Surabaya juga menjadi salah satu tempat makan legendaris karena dibangun pada tahun 1970. Terletak di Jalan Arjuna, maka dinamakan Gado-gado Arjuna.

Dalam satu porsi makanan ini dicampur selada, tauge, timun, tahu, irisan lontong, telur dan suplemen berupa biskuit atau serpihan. Salah satu makanan andalannya adalah selai kacang yang kental dan saus cabai merah yang semakin nikmat. Gado-gado Arjuno menjual hidangan mulai dari Rp 30.000 per porsi.

Lokasi; Gado-Gado Arjuno (Surabaya) beralamat di Jl. Arjuno No.127, Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 6025.

  1. Sate Lisidu

Sate Lisidu berdiri sejak tahun 1997 dan saat ini menjadi salah satu ikon makanan Surabaya. Nama lisidu sendiri berasal dari plat nomor bertuliskan “L 1551 DU” yang bisa dibaca sebagai lisidu.

Kelezatan sate yang satu ini tak perlu diragukan lagi, karena sudah berkali-kali menghiasi meja perjamuan Istana Kepresidenan. Sate ini berbahan dasar ayam yang dimasak sebelum dipanggang dan disangrai dengan olahan bumbu kacang sebelum digiling. Sate Lisidu dibandrol dengan harga Rp 35.000 per porsi.

Lokasi; Sate Lisidu terletak di Jl. Museum nomor 48, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, 60241, Jawa Timur.

  1. Festival Makanan Pakuwon

Salah satu kuliner malam yang wajib Anda kunjungi saat berada di Surabaya adalah Pakuwon Food Festival berkonsep meriah di Kota Pakuwon. Tempat ini selalu ramai pada akhir pekan dan hari libur, tiket masuk gratis kecuali tempat parkir.

Pakuwon Food Festival memiliki sekitar 100 warung, mulai dari makanan khas Jawa Timur hingga masakan Western, Chinese food dan aneka dessert. Selain itu, gemerlap lampu yang disediakan serta berbagai hiburan dan permainan juga membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman dan pasangan. Makanan di sini mulai dari Rp 10.000.

Lokasi; Pakuwon Food Festival berlokasi di Jl. Kota Pakuwon. Kejawan Putih Mutiara No.17, Kejawaan Putih Tamba, Kec. Mulyorejo, SBY City, 60112, Jawa Timur.

  1. Ayam bakar primarasa

Primarasa Grilled Chicken merupakan restoran yang terkenal dengan ayam goreng dan ayam bakarnya yang enak. Nah, restoran ini juga menawarkan berbagai menu selain ayam, seperti seafood.

Terdapat 3 lokasi di Primarasa Roast Chicken Surabaya, yang dapat Anda temukan di dalam dan sekitar pusat kota. Tempat ini bisa menjadi pilihan untuk bersantap, bahkan populer di kalangan artis lokal yang sering berkunjung ke tempat ini. Menu masakan yang dijajakan oleh Ayam Bakar Primarasa ini mulai dari harga Rp 25.000 per porsi.

Baca Juga: 20 Masakan Khas Jawa Timur Yang Wajib Kalian Coba

Location; Ayam Bakar Primarasa terletak di Jl. Gajahmada No.99D, Miroto, Kec. Kota Semarang Semarang Tengah, Provinsi Jawa Tengah 50134.

  1. Restoran Handayani

Rumah Makan Handayani merupakan salah satu restoran paling legendaris di kota pahlawan dan selalu konsisten dalam menyediakan menu masakan khas Indonesia. Berdiri sejak tahun 1961, tempat ini telah berpindah-pindah hingga sekarang, hingga kini juga berganti nama menjadi bekas Depot Han.

Melalui penggunaan warna dan penggunaan ornamen dan furniture khas Indonesia, bangunan restoran ini menjadi sangat unik. Menu utama RM Handayani adalah ayam goreng. Beberapa menu dijual di sini mulai dari Rp 30.000.

Lokasi; Rumah makan Handayani terletak di Jl. Kec. Kertajaya No. 42, Kertajaya, Kec. Gubeng, Kota SBY, 60282, Provinsi Jawa Timur.

  1. Pondok Tempo Doeloe

Pondok Tempo Doeloe juga menjadi salah satu tempat kuliner Surabaya yang terkenal menyajikan masakan khas Indonesia yang lezat. Letaknya juga di Jalan Raya Bandara Juanda, letaknya strategis di Surabaya, dan memiliki bangunan yang besar dan bersih.

Di tempat ini tersedia berbagai macam makanan, antara lain nasi, ikan, sop, radon, kari, dll. Tempat ini hampir selalu ramai, jadi jika Anda berkunjung ke Surabaya, Pondok Tempo Doeloe mungkin bisa menjadi tempat makan. Harga menu mulai dari Rp 18.000.

Lokasi; Pondok Tempo Doeloe terletak di Jl. KFC Kedungdoro No. 52 Tegalsari. Tegalsari, Kota SBY, Provinsi Jawa Timur 60261.

  1. Noach Cafe

Terletak di Noach Cafe di pusat kota, kafe ini menawarkan konsep taman dalam ruangan. Miliki struktur jendela yang cukup besar untuk memungkinkan banyak sinar matahari. Dengan begini, meski berada di ruangan ber-AC, Anda bisa merasakan suasana taman terbuka.

Noach Cafe menawarkan berbagai menu makanan, seperti Western pizza, pasta dan steak. Tempat ini bisa menjadi pilihan tempat makan yang sangat romantis, cocok untuk dikunjungi bersama pasangan. Harga tiap menunya mulai dari Rp 40.000.

Location; Noach Cafe terletak di Jl. Pregolan No. 4, Tegalsari, Kota SBY, Provinsi Jawa Timur 60262.

  1. Kawasan alam

Kawasan alamnya merupakan tempat makan dan memancing yang asyik dan menarik di Surabaya. Walaupun terletak nan jauh disana, disini kalian bakal ditawarin hal yang sangat berbeda dari biasa nya.

Sapat meninmati area pemancingan yang sangat asri. Area bermain anak juga disediakan di tempat ini, Membuat nya menjadi tempat makan keluarga yang sangat berkelas. Tempat ini menawarkan aneka ikan air tawar dan aneka minuman dengan harga minuman mulai dari Rp 10.000, dan harga menu makanan mulai dari Rp 25.000.

Lokasi; Zona Alam Resto & Cafe terletak di Jl. Raya Sambikerep Jl. Kuukan Gg. Lontar, Kec. Sambikerep, SBY City, Jawa Timur 60185.

  1. Bebek Tepi Sawah

Bebek Tepi Sawah menawarkan hidangan bebek dengan konsep arsitektur Bali, baik indoor, outdoor maupun bungalow memiliki suasana yang nyaman dan damai. Tempat ini menawarkan menu bebek yang beragam, mulai dari bebek Beituto yang renyah, hingga menu non bebek seperti ayam dan seafood.

Tempat ini sangat cocok sebagai tempat bersantai, sekaligus tempat memasak bersama keluarga dan pasangan. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk acara ulang tahun atau pertemuan dengan pelanggan. Harga menu mulai dari Rp 32.000 hingga Rp 107.000.

Lokasi; Bebek Tepi Sawah terletak di Jl. Darmokali No.50, Wonokromo, SBY City, Dharma, Kentucky, 60241, East Java.

  1. Makmu Eatery and Coffee

Surabaya adalah salah satu tempat memasak yang keren dan bergaya. Di tempat ini banyak sudut bangunan yang bisa dijadikan spot anti silau. Tempat ini memiliki beragam dekorasi yang menarik berwarna putih dan coklat, sehingga patut untuk dikunjungi.

Selain itu, sering juga terdapat pertunjukan musik live, sehingga Anda bisa bersantai sambil menikmati makanan. Menu yang ditawarkan beraneka ragam, mulai dari masakan Indonesia dan minuman hingga masakan Barat. Harga menu yang ditawarkan berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 100.000.

Lokasi MAKMU Eatery and Coffee terletak di Jl. KFC Rungkut Kidul IV No. 32, Rungkut Kidul, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60293.

  1. Botani

Botani juga menjadi tempat makan yang populer di kalangan anak muda di Surabaya. Bangunan-bangunan di tempat ini memiliki konsep yang unik dan mengagumkan.

Meski begitu, tagline Botanika adalah “Share Indonesian flavor” yang artinya menu yang ditawarkan bernuansa khas Indonesia yang dikemas secara modern. Botanika juga memiliki dapur terbuka dengan desain mewah yang semakin memanjakan mata para wisatawan. Harga hidangan di menu berkisar antara Rp 18.000 hingga Rp 70.000.

Lokasi; Rumah makan Botanika terletak di Jl. Raya Kertajaya Indah F-303, Manyar Sabrangan, Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60116.

  1. Ria Galeria

Terdapat sebuah rumah makan legendaris yang sudah puluhan tahun berdiri berjuluk Ria G. Menu andalan nya adalah makanan khususnya masakan Jawa Timur. Salah satu hidangan yang paling populer adalah ikan goreng, yaitu kerang bambu goreng yang dicampur dengan kecap, cabai, bawang merah, dan aneka bumbu lainnya.

Menurut kabar, masakan Loric goreng Ria Galeria ini dibuat oleh Ani Yudhoyono dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, favorit putra dan putra Edhie Baskoro Yudhoyono (Edhie Baskoro Yudhoyono). Kalau di Surabaya pasti akan makan di restoran ini.

Selain kemangi yang ditumis, makanan khas Indonesia lainnya yang juga kelas menengah Ria Galeria adalah pilar, di antaranya sate sapi dan telur dadar panjang yang dicampur dengan kepiting kecil dan kepiting gembos dalam bentuk telur dadar. Jika Anda tertarik untuk mencicipi hidangan, Anda bisa datang kesini antara pukul 11: 00-21: 30.

Please follow and like us:
YouTube
Pinterest
Instagram