20 Masakan Khas Jawa Timur Yang Wajib Kalian Coba

www.ffaire.com20 Masakan Khas Jawa Timur Yang Wajib Kalian CobaIndonesia adalah salah satu tujuan wisata paling menarik di dunia. Keindahan dan keragaman Indonesia mampu menarik wisatawan dari seluruh dunia untuk menikmati waktunya dan merasakan kehangatan masyarakat Indonesia. Ada banyak hal menarik di Indonesia. Memang Indonesia terkenal dengan keanekaragaman sukunya dengan tradisinya yang berbeda-beda.

Namun selain itu, hal lain yang menjadi daya tarik wisatawan dunia ke Bumi Nusantara adalah kuliner khas Indonesia. Ya, Indonesia punya satu juta makanan. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan ragam yang luas. Adanya ragam makanan tentunya menjadikan konsep pariwisata Indonesia tidak hanya wisata sejarah dan wisata alam, tetapi juga wisata kuliner. Makanan Indonesia memang rasanya sangat kental.

Nah, Jawa Timur memang daerah yang punya banyak kuliner khas. Provinsi yang merupakan bagian dari deretan padat Pulau Jawa ini menawarkan berbagai makanan khas dan unik yang sangat bermanfaat tidak hanya bagi wisatawan mancanegara, tetapi juga bagi wisatawan domestik. Karenanya, jika Anda sedang berada di wilayah Jawa Timur dan mencoba berbagai makanan khas Jawa Timur, tidak ada salahnya. Lantas, makanan khas khas Jawa Timur manakah yang harus dipilih?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas berbagai makanan khas Jawa Timur yang enak dan unik yang cocok untuk pecinta masakan nusantara. ingin tahu? Simak beberapa daftar nya di bawah ini.

  1. Bakso Malang

Bakso Malang merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal dan disukai pula oleh masyarakat. Ya, inilah salah satu olahan bakso legendaris di Jawa Timur. Sesuai namanya, bakso ini aslinya berasal dari Malang, Jawa Timur.

Namun seiring perkembangannya, bakso ini sudah mulai menyebar dan bisa digunakan di berbagai kota di Indonesia yang niscaya akan semakin memudahkan anda untuk mendapatkan jajanan ini walaupun anda sedang tidak berada di Jawa Timur. Nah, yang menarik dari bakso ini adalah campuran yang digunakan dalam menunya.

Salah satu yang paling mencolok adalah kuahnya yang sangat bening dan berbeda dengan kuah bakso biasanya. Selain itu, ada siomay yang renyah yang bisa menambah cita rasa bakso.

  1. Gado Gado

Siapa yang tidak tahu makanan jenis ini? Ya, gado-gado adalah salah satu makanan paling terkenal di Jawa Timur. Makanan ini mengandung beberapa jenis sayuran, kacang tempe, kentang, tahu dan ketupat. Setelah itu semua bahan ditambah dengan selai kacang yang sangat nikmat.

Seperti kita ketahui bersama, selai kacang merupakan bumbu masakan khas Jawa Timur yang biasanya ditambahkan pada makanan. Nah, dengan siraman selai kacang ini maka cita rasa khas Jawa Timur akan sangat kentara. Rempah-rempah sangat digemari masyarakat, bahkan seperti menu tradisionalnya sekarang, menarik orang asing.

Di beberapa tempat di Jawa Timur, menu ini seringkali mudah ditemukan. Jika dilihat dari kandungan di menu ini, gado-gado sangat cocok sebagai menu makan siang spesial Anda.

  1. Sego Tumpang

Pernah dengar menu makanan seperti ini? Nah, salah satu makanan khas Toho adalah nasi yang sangat terkenal dan enak. Di Jawa Timur orang sangat menyukai makanan khas ini, yang biasanya menjadi jajanan di jamuan makan tradisional.

Sumber makanan khas ini sebenarnya berasal dari Kediri, namun kini telah menyebar hingga ke pelosok kota Jawa Timur lainnya. Menu Nasi Tumpang ini bahkan bisa kamu temukan di luar Jawa Timur, jadi nggak perlu jauh-jauh.

Hal yang menarik dari menu ini adalah pemberian sambal yang dilakukan secara tumpang tindih di atas nasi. Nah, sambal yang ditambahkan terbuat dari kacang busuk, ditambah ayam cincang dan cabai. Rasa sambalnya yang unik membuat orang penasaran dan mencari makanan tradisional yang satu ini.

  1. Rawon

Salah satu ciri khas Jawa Timur yang paling terkenal adalah Soto Lamongan. Bagi yang suka masakan sop, Soto Lamongan bisa jadi salah satu menu Soto favoritmu.

Sesuai dengan namanya, makanan khas Jawa Timur berasal dari daerah Ramungan. Namun, soto ini kini banyak digunakan di berbagai daerah (bahkan di luar Jawa Timur). Itu saja, mungkin lebih baik Anda berkunjung ke Jawa Timur dan mencicipi menu ini dari menu aslinya.

Nah, yang menarik dari menu soto ini adalah rasanya yang unik. Soto dibuat dengan campuran Goryeo yang terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Selain itu soto biasanya ditambah irisan daging sapi dan telur agar lebih nikmat. ingin tahu? Ayo coba!

Baca Juga: 11 Makanan Asal Perancis Paling Rekomended Terlezat

  1. Rawon

Rawon juga merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur dan populer karena kelezatannya. Bagi yang suka masakan daging sapi, rawon adalah menu yang patut Anda coba. Di Jawa Timur sendiri, rawon merupakan salah satu bagian tradisional yang ditawarkan dalam menu pernikahan.

Namun secara umum masih banyak warung makan yang menawarkan menu daging jenis ini. Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahan utama makanan ini adalah daging. Kemudian tambahkan irisan tipis daging sapi ke dalam sayuran, tauge, bawang goreng, lalu tambahkan setetes saus cokelat yang nikmat.

Rasa kuah rawon berbeda dengan kuah kari karena warnanya yang lebih gelap, bahan yang fleksibel dan tidak terlalu kental. Dalam peragaannya, rawon disajikan dengan nasi putih hangat, telur kubus dan biskuit lainnya. Salah satu makanan khas Jawa Timur ini sangat cocok untuk menu makan siang atau makan malam.

  1. Lontong Balap

Nama masakan khas Jawa Timur ini memang unik banget. Ya, lontong Balap adalah salah satu makanan tradisional paling terkenal di Jawa Timur. Biasanya, makanan jenis ini mudah ditemukan di alun-alun atau pusat keramaian lainnya.

Seperti namanya, bahan utama dari makanan khas ini adalah lontong. Nah, dalam demonya, lontong tersebut dipadukan dengan beberapa bahan lain, seperti tauge, lenthok, tahu goreng, bawang goreng, dan kecap. Anda juga bisa menambahkan sambal untuk menambah rasa pedas.

Satu hal yang perlu diingat adalah penjual buah ala Rongtong ini biasa membawa produknya. Metode penjualan ini sangat tradisional dan legendaris. Meski sudah langka sekarang, di daerah tertentu di Jawa Timur masih ada penjual yang mengingatkan Anda pada masa lalu dengan cara tradisional ini.

  1. Tahu Tek

Makanan khas selanjutnya yang bisa ditemukan di Jawa Timur adalah tahu. Seperti namanya, bahan utama dari makanan khas ini adalah tahu. Nah, satu-satunya masalah adalah tahu yang digunakan akan dimasak setengah matang. Kemudian, potong tahu menjadi irisan tipis dan campur dengan bahan lain seperti ketimun, kentang goreng, lontong dan tauge.

Kemudian tambahkan sedikit bahan pada makanan khas Jawa Timur ini, dan tambahkan sedikit kecap dan selai kacang. Rasa pedas menjadi citarasa utama yang bisa Anda dapatkan di menu ini.

Nah, tahu biasanya dijual di warung pinggir jalan dan dianggap makanan Jawa Timur. Harga sajian khas jawa timur ini sangat terjangkau, sehingga aman bagi yang mungkin lebih kurus.

  1. Nasi Pecel

Siapa yang tidak tahu makanan jenis ini? Ya, pecel merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur dan sudah melegenda. Meski pecel sudah banyak tersebar di berbagai daerah dan bisa ditemukan di luar Jawa Timur, pecel Jawa Timur tetap mendapat tempat di kalangan pecinta makanan tradisional pedas ini.

Di Jawa Timur sebenarnya pecel mengalami banyak perubahan tergantung daerahnya. Namun, Pixar yang dikenal sebagai makanan khas Jawa Timur ini berasal dari Blitar di Jawa Timur. Pecel dari Blitar dibuat dengan sayuran yang sangat sederhana dan ditambah dengan selai kacang pedas yang kental.

Nah, yang menarik dari skin asal Blitar ini adalah pada bagian atasnya terdapat rempeyek kacang. Penambahan ini akan membuat kacang polong semakin nikmat jika disajikan dengan nasi putih panas sebagai pilihan menu makan siang.

  1. Rujak Cingur

Rujak cingur juga termasuk dalam makanan khas Jawa Timur yang tidak boleh dilewatkan. Jika Anda suka dengan menu rujak, sebaiknya Anda mencoba menu ini, terutama saat berkunjung ke daerah-daerah di Jawa Timur.

Sesuai namanya, bahan utama dalam menu ini adalah cerur yang merupakan bagian dari mulut sapi. Meski terlihat aneh dan tidak biasa pada umumnya, saat Anda merasakannya pasti akan menjadi ketagihan. Ini karena cara pertama kali tombol dikunyah agar lebih lembut.

Nah, tambahkan bahan cingur dengan sedikit sayuran, tahu dan kacang-kacangan. Setelah itu ditambahkan bumbu yang terbuat dari gula merah, sambal, coumadin dan cabai. Menu masakan khas Jawa Timur cenderung pedas dan menyegarkan. Ditambah dengan kerupuk udang, rujak cuka sari apel tentu lebih nikmat.

  1. Pecel Lele

Lamongan merupakan daerah yang terkenal dengan makanan jenis ini. Meski menu masakan khas Jawa Timur ini telah ditemukan melalui berbagai inovasi di daerah lain, namun ikan khas Lamongan di Jawa Timur memiliki ciri yang tak tergantikan.

Ikan pecel terbuat dari bahan baku ikan lele yang dibersihkan dan digoreng. Nah, yang unik dari kacang polong asal Lamongan ini adalah digoreng cukup kering sehingga ikan kedelai lebih renyah dari sebelumnya. Selain itu, pecel lele juga bisa dipasangkan dengan sambal atau sambal mentah, serta ditambahkan beberapa lalapan, seperti ketimun dan kemangi.

Nah, kuliner khas Jawa Timur ini biasanya ditemukan pada malam hari sebagai menu makan malam yang istimewa, unik dan terjangkau. Hanya di beberapa tempat, terutama di pusat keramaian, menu ini juga menyediakan banyak layanan di siang hari.

  1. Sambel Wader

Saat anda berkunjung ke Provinsi Jawa Timur tepatnya di kawasan Mojokerto jangan lupa untuk menyempatkan diri menyantap makanan yang satu ini. Ya, Sambo adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang sangat enak dan populer. Mereka yang suka ikan segar dan makanan pedas pasti akan menyukai makanan ini.

Nah, bahan utama masakan khas Jawa Timur ini adalah ikan rendam. Para wader adalah ikan air tawar kecil yang mudah ditemukan di sungai yang mengalir. Saat ikan masih berukuran beberapa sentimeter, mereka dengan sengaja akan memancing.

Kemudian, ikannya digoreng dan disajikan dengan sambal khas Jawa Timur yang kental dan pedas. Perpaduan rasa asin dan pedas yang meleleh di lidah bikin kamu ketagihan. Menu makanan khas ini sangat cocok untuk santap siang bersama keluarga.

  1. Rujak Soto

Pernahkah Anda mendengar nama makanan khas ini? Nah, rujak soto adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang sangat digemari. Beberapa orang awam merasa aneh dan bingung dengan makanan ini, karena dua hal yang bercampur jadi satu ini seringkali bertolak belakang yaitu rujak dan sop.

Namun di Kota Banyuwangi, sajian ini menjadi idola masyarakat sekitar karena rasanya yang enak. Paduan ini dibuat dengan mencampurkan salad dan sup kuning. Saat menyantap makanan ini, Anda akan merasa segar dan kaya akan rempah-rempah.

Di Banyuwangi sendiri banyak terdapat warung makan yang menjajakan makanan khas Jawa Timur. Tentunya Anda tidak perlu khawatir, karena makanan enak dan khas ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, salad soup sangat cocok untuk menu sarapan atau makan siang.

Baca Juga: 30 Game Balap Ter Epic Untuk Android

  1. Bebek Sinjay

Bagi yang suka produk bebek, wajib mencoba salah satu makanan khas Jawa Timur. Bebek Sinjay merupakan sajian bebek spesial yang pasti akan membuat Anda merasa berbeda dari biasanya.

Nah, asal muasal makanan ini ada di daerah Sinjai Garland, Madura. Jika Anda sedang berkunjung ke daerah Bangkalan, singgahlah di warung yang menawarkan makanan seperti ini. Hal tersebut wajar karena belum banyak daerah lain yang menawarkan menu bebek olahan khusus ini.

Hal yang menarik dari masakan khas Jawa Timur ini adalah daging bebek yang diolah secara khusus dipadukan dengan baik dengan bumbu yang lengkap hingga empuk dan halus dengan sambal yang terbuat dari bahan mangga muda. Bebeknya tidak berbau amis dan dagingnya sangat empuk.

Dengan nasi hangat, Anda bisa merasakan kelezatan esensial dalam setiap kunyahan khas Jawa Timur ini. Menu bebek Sinjay sangat cocok untuk makan siang atau makan malam.

  1. Sate Madura

Siapa yang tidak kenal dengan sajian khas Jawa Timur yang satu ini? Ya, Sate Madura bisa dibilang salah satu hidangan sate legendaris. Seperti namanya, menu sate ini sebenarnya berasal dari Madura dan sangat populer di Jawa Timur.

Sate Madura dibuat dengan bahan dasar ayam atau domba. Di Madura sendiri, keunikan dari sate ini adalah cara memasaknya menggunakan arang dengan sedikit batok kelapa. Selain itu, ada selai kacang yang kental, yang membuat masakan Jawa Timur ini begitu nikmat.

Mungkin Anda akan banyak menemukan penjual sate serupa di daerah lain di luar Jawa Timur. Namun, jika punya waktu, Anda bisa mencoba menu kuliner Jawa Timur dan merasakan sensasi berbeda langsung ke Madura.

  1. Nasi Krawu

Nasi Krawu merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang wajib Anda cicipi dan cicipi. Makanan khas ini berasal dari daerah Gresik yang terkenal dengan beberapa menu utamanya. Sejak muncul puluhan tahun lalu, beras jenis ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu legenda di Jawa Timur.

Hal yang menarik dari sajian khas Jawa Timur ini adalah namanya. Kenapa disebut nasi krawu? Krawu artinya bercampur. Nah, menu makanan ini mengandung bahan yang cukup banyak untuk membuat lauk pauk yang enak.

Beberapa bahan yang dicampur antara lain jeroan sapi, sarandon sapi, daging sapi, terasi, dll. Bahan menjadi persiapan khusus setelah diolah. Lauk ini disajikan dengan nasi putih hangat ditambah sambal sebagai pelengkap. Biasanya menu ini menggunakan daun pisang sebagai piringnya.

  1. Pisang Ledre

Ledre adalah makanan khas Jawa Timur yang berbentuk seperti kue persegi panjang. Bentuk kue yang unik ini berasal dari Bupati Bojonegoro yang merupakan salah satu jajanan dan biasa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung.

Nah kue ini dibuat dengan bahan utama pisang dan beberapa bumbu yang sebenernya sangat familiar buat kita.

Beragam bahan tersebut membentuk kue yang unik dan lezat. Sebagai salah satu ciri khas kuliner Jawa Timur, kuenya enak, renyah dan enak. Untuk menikmatinya, Anda bisa memadukan ledre dengan secangkir teh sambil bersantai bersama keluarga atau hujan.

  1. Brem

Daftar kuliner khas selanjutnya yang perlu Anda ketahui tentang Jawa Timur Bawah adalah brem. Pernahkah Anda mendengar nama makanan ini sebelumnya? Nah, Brahm adalah makanan khas Jawa Timur yang berasal dari Medien. Biasanya merek ini banyak dijual di tempat-tempat wisata.

Berbeda dengan minuman Bali, Madion’s sekeras kue. Nah, makanan khas Jawa Timur ini menggunakan sari beras ketan yang difermentasi semalaman dalam proses pembuatannya. Cara pengolahan rasa ketan menjadikannya kue yang unik.

Rasa brem jenis ini sangat manis dan sedikit menyinggung. Mereka yang ingin menikmati waktu santai bisa menikmati salah satu jajanan lezat ini.

  1. Lodho Ayam

Apa kamu suka ayam? Nah, jika Anda suka, maka Anda harus mencoba makanan khas Jawa Timur. Ya, ayam Lodho merupakan salah satu produk ayam yang terkenal dan sangat enak di Jawa Timur (Tulungagung).

Seperti namanya, makanan ini menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Namun sebagian besar ayam yang digunakan adalah ayam kampung, yang kualitas dagingnya lebih kuat sehingga rasanya lebih enak. Ayam tersebut dimasak dengan bumbu Lodho yang sangat unik, sehingga menyatu sempurna dengan ayamnya.

Dalam peragaannya, menu masakan khas Jawa Timur ini terbagi menjadi dua jenis, yakni Lodo dengan kuah kental dan kuah encer. Nah, kedua varian tersebut bisa Anda coba untuk mendapatkan cita rasa yang sangat nikmat. Selain itu, dalam peragaannya, Lodho bisa disantap dengan nasi putih hangat atau nasi tiur.

  1. Sego Tempong

Sego tempong merupakan salah satu makanan khas Jawa dan bisa dikatakan menjadi pilihan yang menarik untuk makanan tradisional. Makanan khas ini berasal dari banyuwangi dan sangat digemari di kampung halamannya. Pasalnya, sego tempong menyediakan lauk yang cukup lengkap, cocok untuk lidah dan irit di kantong.

Salah satu produk beras ini hadir dengan kombinasi menu yang cukup lengkap, di antaranya nasi, kemangi, kenikir, bayam, sambal dan sambal sebagai pelengkap. Adapun pilihan lauk pauknya, ada banyak macam lauk yang bisa dipilih, antara lain tahu bakar jagung, tempe kacang, telur, ikan dan lain-lain.

Nah, makanan ini sekilas sudah jelas, sama seperti menu di warung penton. Namun tentunya tempong sego memiliki ciri khas tersendiri, terutama pada sambalnya yang pedas dan segar. Salah satu makanan khas Jawa Timur ini banyak ditemukan di warung pinggir jalan di Banyuwangi dan wilayah Jawa Timur lainnya.

  1. Lontong Kupang

Jika ada lontong kupang di daerah lain, kini di Jawa Timur Anda akan menemukan varian lain yaitu lontong kupang. Ya, di antara kuliner khas Jawa Timur inilah yang dipilih longong kupang yang sangat digemari dan digemari oleh masyarakat sekitar.

Seperti namanya, menu ini menggunakan bahan utama kerang putih. Coupang sendiri merupakan salah satu jenis hewan laut, ukurannya sangat kecil seperti sebutir beras. Karena bahan ini, Lontong Kupang hanya bisa ditemukan di daerah tertentu.

Di Jawa Timur sendiri kuliner khas Jawa Timur ini bisa ditemukan di banyak daerah, seperti Pasuruan, Sidoarjo dan Surabaya. Lalu, lontong dicampur dengan lontong, lalu dicelupkan ke dalam kuah yang pedas dan nikmat. Untuk menambah kenikmatan bersantap, Anda bisa menambahkan sedikit rasa jeruk nipis.

Please follow and like us:
YouTube
Pinterest
Instagram