10 Tempat Wisata di Wilayah Lasithi-Crete

www.ffaire.com10 Tempat Wisata di Wilayah Lasithi-Crete. Wilayah Lasithi adalah rumah bagi Elounda, di mana Anda akan menemukan resor mewah teratas di pulau itu. Ini juga merupakan tempat keanekaragaman alam yang kaya dengan kota-kota dan desa-desa yang indah, pantai yang mengesankan dan situs sejarah yang menarik.

Ini adalah sepuluh tempat yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi wilayah ini. Dari pantai hingga situs bersejarah, daftar kami memiliki semuanya!

1. Dataran tinggi

Lasithi Dataran Tinggi Lasithi (Oropedio , dalam bahasa Yunani), dapat diakses dari Malia dan dari Aghios Nikolaos, adalah dataran tinggi terbesar di Kreta dan terletak di sebelah barat Lasithi pada ketinggian 800 hingga 850 meter. Rute dari Aghios Nikolaos penuh dengan tikungan dan belokan dan, saat Anda berkendara lebih tinggi, Anda bahkan dapat merasakan penurunan suhu. Berbatasan dengan Pegunungan Dikti yang megah, dataran tinggi ini mencakup lebih dari selusin desa (Tzermiado, Avrakontes, Aghios Georgios, Psyhro, Lagou adalah beberapa yang lebih dikenal di antara mereka) dibangun melingkar di sekitar dataran besar subur yang penuh dengan kincir angin bobrok. digunakan untuk mengairi sawah. Sebagian besar desa ini menawarkan pemandangan yang sama: tempat tinggal berlantai dua dengan pintu kayu dan bingkai jendela pudar, toko-toko yang menjual tekstil tenunan tangan tradisional, dan kafe-kafe tradisional tempat para lelaki tua mengobrol sambil menyeruput tsikoudia.

Penduduk Oropedio mencari nafkah melalui peternakan dan produksi pertanian; sangat mungkin, saat Anda berjalan di sekitar salah satu desa, Anda akan menemukan satu atau dua keluarga yang duduk di kursi plastik di pinggir jalan yang sedang memotong kacang panjang untuk pasar lokal. Orang-orang gunung ini benar-benar ramah dan akan dengan bebas memberi Anda apa pun yang mereka miliki, bukan karena itu adalah kebijakan dari beberapa hotel yang mencakup semua, tetapi karena itu hanya ada dalam DNA mereka.

2. Gua Dikteon Antron

Pemandangan paling populer untuk dilihat di Oropedio adalah Dikteon Antron (atau Gua Dikteon). Berjalan sedikit menuntut sekitar 15 hingga 20 menit di sepanjang jalan setapak yang sibuk menuju jauh dari fasilitas parkir dekat desa Psychro akan membawa Anda ke sana. Menurut salah satu versi mitos, Rhea, putri Dewi Bumi Gaia, mundur ke gua ini untuk melahirkan Zeus, melindunginya dari dimakan oleh ayahnya, Cronus. Menurut legenda, Zeus dirawat di gua oleh Amaltheia, seekor kambing betina ilahi, dengan bantuan Kouretes (pelindung laki-laki mitos).

Penemuan dari berbagai periode – Neolitik, Minoan, Geometris, Arkais, Klasik, Helenistik, dan Romawi – telah dibuat di dalam gua itu sendiri, sebagian terbuka untuk umum. Tidak ada tur berpemandu resmi yang ditawarkan, tetapi brosur yang berisi informasi terperinci tentang sejarah situs dibagikan kepada pengunjung saat membeli tiket, dan mengesankan stalaktit serta stalagmit yang layak untuk dikunjungi.

3. Danau Voulismeni

Salah satu daya tarik utama Aghios, demikian penduduk setempat menyebutnya sebagai kota kecil menawan Aghios Nikolaos, adalah Danau Voulismeni kecil, yang terhubung ke laut melalui saluran sempit. Voulismeni bukan hanya atraksi alam yang indah, ini adalah tempat di mana Anda dapat merasakan denyut nadi kota: tenang di musim dingin, penuh kehidupan di musim panas, terima kasih kepada para turis yang membawa begitu banyak kehidupan ke daerah tersebut. Bahkan, setiap awal musim panas sebelum pandemi, danau ini akan menjadi tempat kompetisi tebing internasional dan pertunjukan, di mana para atlet dari seluruh dunia memiliki kesempatan untuk menunjukkan keterampilan mereka melompat dari ketinggian 20 meter.

Tiga tempat yang menawarkan pemandangan Danau Voulismeni yang indah adalah: restoran kafe-piano Migomis untuk kopi, es krim, atau makan malam (20 N. Plastira), Taman Kota Zygos untuk kopi dan makanan gelombang ke-3 (1 Ethnikis Antistaseos), dan cafe-bar Peripou ( No.25, 28 Oktovriou).

4. Kritsa

Hanya 10 km tenggara Aghios Nikolaos di kaki Pegunungan Dikti, desa Kritsa adalah rumah bagi kelompok pertanian besar keluarga dengan kebun zaitun di daerah tersebut, yang menghasilkan beberapa minyak zaitun terbaik Kreta di bawah “Kritsa ” merek. Produsen Kritsa memiliki pengabdian yang hampir religius terhadap produk mereka, 70% di antaranya diekspor. Tempat yang menyenangkan untuk berhenti berjalan-jalan di desa adalah Kafenio Saridakis, sebuah kafe di bawah pohon tua pesawat.

Hanya sepelemparan batu dari desa berdiri gereja Bizantium Panaghia Kera yang patut dikunjungi (Buka Senin, Rabu-Minggu, 08:30-15:30). Hal pertama yang akan Anda perhatikan di tempat pemujaan ini, yang didirikan pada abad ke-13 atau ke-14, adalah fasadnya yang agak keras, dibentuk dari tiga segitiga; namun, mural di bagian dalamnya lah yang paling penting. Mereka diciptakan selama periode yang berbeda dan menggambarkan Pesta Herodes, Pembantaian Orang Tak Bersalah, Perjamuan Terakhir, Penimbangan Jiwa dan adegan keagamaan lainnya.

Sebelum meninggalkan daerah tersebut, Anda juga dapat mengunjungi dataran tinggi Katharo, yang mudah dicapai dari desa, daerah yang terdiri dari padang rumput dengan pohon ek Kermes besar dan beberapa kedai kecil. Jauh dari rencana perjalanan wisata dan sejuk di musim panas, ini adalah tempat yang ideal untuk hiking atau bersepeda.

Baca Juga: Destinasi Luar Biasa yang Dapat Dilihat dan Dilakukan di Halkidiki

5. Pulau Spinalonga Pulau

Spinalonga, di seberang desa Plaka, adalah situs kedua yang paling banyak dikunjungi di Crete, setelah Knossos, dan salah satu monumen bersejarah yang paling menyentuh di Crete.

Di zaman kuno, Spinalonga membantu melindungi Olous (sekarang Elounda) di barat laut Teluk Mirabello, dari laut lepas. (Olous, kota Dorian yang tenggelam di ujung selatan teluk, makmur pada abad ke-4/3 SM sebagai pusat maritim yang strategis.) Kastil besar yang ada di Spinalonga, yang dengan terampil disesuaikan dengan lanskap, dibangun oleh orang Venesia (abad ke-16). Kemudian menjadi surga bagi para pengungsi Kristen dan Chainides (“pemberontak buron”), pulau itu menyerah pada pemerintahan Ottoman pada tahun 1715, setelah itu menjadi pelabuhan yang berkembang, kemudian menjadi koloni penderita kusta yang terisolasi (1903-1957).

Hampir lima dekade setelah bab terakhir dalam sejarahnya, itu akan memberikan inspirasi bagi novel laris internasional pemenang penghargaan penulis Inggris Victoria Hislop “The Island,” yang telah diterjemahkan ke lebih dari dua puluh bahasa.

Biaya masuk ke situs arkeologi: €8, Buka 08.30-18.00. Tarif kapal: €10 dari Plaka, €12 dari Elounda. Layanan kapal: Tel. (+30) 697.668.3597.

6. Pulau Chrysi

Untuk tujuan berenang yang eksotis, naiklah perahu kecil yang menyeberang dari Ierapetra ke Chrysi (yang berarti emas), yang lebih dikenal oleh orang Yunani sebagai Gaidouronisi (yang berarti pulau keledai). Ini adalah pulau yang mempesona di Laut Libya dengan pasir keemasan, bukit pasir, pohon cedar, dan perairan pirus yang memikat. Dulunya merupakan tujuan berkemah informal, sekarang memiliki payung pantai, kursi berjemur, dan kios makanan.

Pantai yang paling terkenal di pulau ini adalah Belegrina (atau Pantai Emas), di utara, di mana Anda dapat berjalan kaki, melintasi bukit pasir yang dipenuhi pohon cedar berduri, dari Vouyiou Mati, pelabuhan Chrysi di selatan, tempat kapal berlabuh. Garis pantai dipenuhi jutaan kerang kecil, dan pantai ini menawarkan tempat penyegar serta payung pantai. Namun, masih banyak pantai lain yang bisa dijelajahi, termasuk Kataprosopo dan Vagges di sebelah timur.

Chrysi yang belum terjamah termasuk dalam jaringan kawasan lindung Natura 2000, tetapi popularitasnya terus meningkat. Jadi, tolong, tangani dengan hati-hati!

7. Kato Zakros

Dusun tepi laut Kato (Bawah) Zakros jauh dari jalur, tetapi sepadan dengan perjalanan yang membawa Anda melewati lanskap abadi Kreta paling timur yang menginspirasi. Ini adalah tempat yang indah untuk bersantai, tetapi sejarahnya yang panjang adalah nilai jual utamanya.

Zakros kuno adalah pelabuhan Minoa yang penting, berdagang dengan Anatolia, Siprus, dan bahkan Suriah; sisa-sisanya mencakup 8000 sq.m. lokasi. Salah satu dari empat istana besar Minoa di Kreta, bersama dengan Knossos, Malia, dan Phaistos, dibangun sekitar tahun 1600 SM. (Tiket masuk ke situs lereng bukit adalah €6, Buka setiap hari 08:00-18:00).

Saat Anda menuju ke pantai dari desa (atas) Zakros dengan alun-alun pusatnya yang kecil, taverna yang sepi, dan mata air pegunungan yang sejuk, Anda akan melihat sekilas bagian atas Ngarai Orang Mati, tempat orang Minoa dari Kato Zakros menguburkan mayat mereka , percaya bahwa mereka yang telah meninggal akan bangkit kembali di ngarai yang luas dan subur ini. Gua pemakaman masih bisa dilihat di sini sepanjang 2 jam berjalan kaki melewati ngarai 2,5 km.

Baca Juga: Hal-hal Menyenangkan & Tidak Biasa yang dapat dilakukan di Rhodes

8. Hutan Palem Vai

Lasithi bertemu Thailand di Vai (Yunani untuk “daun palem”), 24 km timur laut Sitia. Ini adalah lokasi hutan pohon palem berusia 2000 tahun, terbesar di Eropa dengan sekitar 5.000 pohon (ditetapkan sebagai kawasan lindung), memberikan latar belakang eksotis ke salah satu teluk terindah di Kreta. Legenda mengatakan bahwa hutan tumbuh dari lubang kurma yang terdampar ke pedalaman setelah dibuang oleh bajak laut Saracen. Pohon-pohon tersebut dari spesies Phoenix theophrasti, umumnya dikenal sebagai pohon kurma Crete. Ini adalah spesies langka yang endemik di Laut Aegea, yang tumbuh subur di tanah berpasir yang basah, mencapai ketinggian 15 m dan dapat memiliki lebih dari satu batang.

Hingga tahun 1980-an, Vai dan pantai dengan nama yang sama terbentang di depan hutan palem menjadi surga bagi budaya tandingan; sejak itu, daerah tersebut telah banyak berubah. Hari ini, Vai berdiri sebagai salah satu tempat paling turis di Kreta timur; di musim ramai, pantai dengan air pirus warna-warni dan ombak lembut yang menerpa pasir keemasan lembut dikemas dengan kelompok wisata. Pelancong independen akan merasa lebih tenang di musim semi dan akhir musim panas.

Di pantai, Anda akan menemukan Vai Restaurant (buka 12.00-19.00), yang telah disertifikasi oleh Agronutritional Cooperation of the Region of Crete dan dianugerahi label kualitas Masakan Kreta mereka; restoran menyajikan ikan dan makanan laut lainnya, raki lokal, dan anggur organik dari Biara Toplou, yang berjarak 11 menit berkendara dari sini.

9. Biara Toplou

Moni Toplou (yaitu Biara Toplou) adalah salah satu biara terkaya dan paling penting secara historis di Yunani. Sejak abad ke-15 dan seterusnya, tempat perlindungan suci seperti benteng ini adalah benteng perlawanan Crete, pertama melawan bajak laut perampok, kemudian melawan Utsmaniyah, dan sekali lagi selama Perang Dunia II, melawan penjajah Jerman di Crete. Museum biara memiliki koleksi ukiran dan ikon yang menarik.

Jika Anda adalah penggemar raki Crete Yang terkenal, alias tsikoudia (roh kuat dengan volume hingga 45% alkohol, dibuat 100% dari pomace anggur), kami merekomendasikan yang mereka produksi dan jual di sini.

10. Pohon Zaitun Kuno Monumental Azoria

Timur laut Ierapetra di Lasithi, di sepanjang jalan yang menanjak ke situs arkeologi Azoria, Anda akan menemukan salah satu pohon zaitun paling kuno di Kreta, pohon zaitun monumental Azoria. Diyakini telah ditanam antara 1350 dan 1100 SM, pohon yang sekarang sangat besar ini memiliki lingkar batang lebih dari 22 meter di pangkalnya.

Pada Olimpiade Athena 2004, peraih medali emas maraton Jepang Naoko Takahashi dihadiahi karangan bunga pemenang yang terbuat dari cabang pohon kuno ini.

Please follow and like us:
YouTube
Pinterest
Instagram