Itinerary Wisata Candi di Yogyakarta, Menjelajah Sepanjang 3 Hari 2 Malam

www.ffaire.comItinerary Wisata Candi-candi di Yogyakarta, Menjelajah Sepanjang 3 Hari 2 Malam. Buat sebagian wisatawan, menjalani petualangan wisata candi mungkin ialah kegiatan yang mengasyikkan. Salah satu pelabuhan wisata yang memungkinkan wisatawan untuk menjalani wisata candi sampai berhari-hari ialah Yogyakarta.“ Wisata candi bisa mencapai 2 hari, namun tidak untuk Borobudur. Namun menurutku, feel-nya kurang dapat. Wisata candi baiknya dilakukan selama 3 hari 2 malam untuk memang luangkan saat lama di Prambanan, Boko, dan Borobudur.

Apabila ingin wisata candi, Dinyatakan kalau saat ini semua lokasi wisata di Yogyakarta sudah mengikuti aturan protokol kesehatan. “Syarat paling utama supaya dibuka lagi ialah aturan protokol kesehatan. Sebelum dibuka, ada bagian pihak yang memastikan bahwa protokol kesehatan sudah benar dengan standar. ada sidak berasal pihak terkait,” Terangnya. Meski demikian, wisatawan tetap harus wajib menerapkan aturan protokol kesehatan seperti  halnya memakai alat masker, menjaga sebuah jarak, sering mencuci tangan, dan dianjurkan tidak bepergian jika kondisi sakit.

Berikut bila ingin mengetahui lebih lanjut, itinerary 3 hari 2 malam di wisata candi borobudur Yogyakarta:

Transportasi di Yogyakarta 

Jika ingin berwisata di Yogyakarta, kata Yulianto, modal transportasi bisa Anda sesuaikan dengan jumlah orang yang ingin bepergian. Untuk 1-2 orang bisa menggunakan sepeda motor agar tujuannya lebih terjangkau dan terhindar dari kemacetan. Pada saat yang sama, lebih dari empat orang dapat menggunakan mobil tersebut. Dia berkata: “Biaya menyewa mobil kira-kira Rp 300.000.”

Baca Juga: Wisata Terhits Di Nusa Tenggara Timur Yang Patut Anda Kunjungi

Namun terlepas dari  Anda melepas kunci atau tidak, apakah jarak antara tempat wisata yang akan dikunjungi berdekatan, dan lama waktu sewa misalnya lebih dari satu hari, harga akan disesuaikan.

Salah satu mobil murah tersebut adalah Jalan Letjen Suprapto 86, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kencana Transport di Yogyakarta. Harga sewa mobil mulai dari Rp 350.000. Cara lain untuk menyewa mobil adalah WIN Transport Jogja di Jalan Letjen Soeprapto, Molkemis RT 01 / RW 01 nomor 27, Ngampilan, Yogyakarta. Harga sewanya mulai dari Rp 550.000. Untuk persewaan motor, salah satu persewaan motor dekat Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu adalah Sewa WS Jogja dengan harga mulai dari Rp70.000 / 24 jam. Ada juga persewaan motor JOGJIG di depan Stasiun Lempuyangan dengan harga sewa mulai dari Rp60.000. Kedua perusahaan persewaan motor tersebut dilengkapi dengan pinjaman helm dan jas hujan.

Penginapan

Yulianto menyebutkan kalau sejauh ini para tamu yang dirinya angkut untuk wisata candi kerap menginap di wilayah Malioboro.“ Sebagian saat kemarin terdapat tamu yang ingin suasana pedesaan, jadi dirinya nginap di Desa Wisata Tembi( Kabupaten Bantul),” katanya. Akan tetapi supaya selisih lebih dekat, penulis bakal menetapkan wilayah Malioboro sebagai titik awal untuk mengawali petualangan. Tepatnya di sekitar Tugu Pal Putih. Mengenai penginapan, sebagian penginapan di sekitar Tugu Jogja ialah POP! Hotel Sangaji Yogyakarta dan Grand Senyum Hotel. Penginapan pertama menyediakan banderol menginap per malamnya ialah sekitar Rp 200.000++/ ruang sementara hotel dua banderol menginap per malamnya ialah sekitar Rp 460.000++/ ruang.

Alternatif sarapan

Jika Anda tidak ingin sarapan pagi di hotel atau tidak ingin mencicipi jajanan di sekitar hotel, Anda bisa mengunjungi pasar Kranggan yang tidak jauh dari Tugu Pal Putih. Di sana, beragam makanan berat dan jajanan tradisional seperti cenil dan makanan khas gudeg disediakan dengan harga yang sangat terjangkau.

Hari pertama wisata candi

Sebelum menjalani petualangan, harus diketahui kalau saat ini wisatawan belum mampu bertamu ke zona website candi.

“ Yang harus disadari, sebagian lokasi sejarah di Yogyakarta layaknya candi, zona situsnya sendiri hingga sekarang belum mampu dikunjungi. Cuma di pelataran saja,” tentu Yulianto. Kendati begitu, terdapat perbedaan mengenai kunjungan ke zona wisata pada setiap candi mengingat terdapat zona yang dikelola oleh kubu tidak sama.

  • Ratu Boko

Beralamat di Langkah Piyungan Prambanan, Gatak, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Selisih dari Tugu Pal Putih ialah sekitar 17, 3 kilometer.

Lokasi wisata ini sebelumnya ialah benteng belakang disamping sebagai lokasi ibadah. Terlebih, Ratu Boko sejatinya bukanlah suatu candi akan tetapi reruntuhan suatu kerajaan. Alih-alih disebut sebagai Kraton Ratu Boko, lokasi ini seringkali disebut dengan Candi Ratu Boko buat yang belum familiar dengan sejarahnya

. Di sana, kamu bakal diajak mengelilingi lokasi wisata sembari diceritakan tentang sejarah dari tabungan bangunan yang terdapat. Salah satu yang bakal ditemui ialah kolam-kolam dalam wilayah Keputren di timur Pendapa. Wilayah tersebut mempunyai kedua area yang masing-masing mempunyai jumlah dan tampilan kolam yang tidak sama.

Banderol tiket menembus Ratu Boko ialah Rp 40.000 untuk wisatawan umur 10 tahun ke atas dan Rp 20.000 untuk wisatawan umur 3-10 tahun. Jam operasionalnya ialah setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB.

“ Wisatawan lazimnya ketemu saya di Ratu Boko sekitar jam 10 pagi. Intinya kita keliling hingga sebelum jam 12, bahwa selesai kita ke Candi Banyunibo,” ujar Yulianto. Akan tetapi apabila ingin menikmati wisata candi sembari belajar sejarah tanpa terpaksa buru-buru, kamu mampu atur sendiri saat keberangkatan dan bertanding dengan pemandu wisata.

  • Makan siang di Bebek Goreng Suwarni

Tertentu guna dapat lounch harga banderol sangat murah dan rasa yang mampu membuat lidah kita bergoyang, saya menyarankan itik goreng suuwarni di Langkah Stasiun Brambanan nomor 14B, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Selisih dari Ratu Boko menyambut lokasi makan ini ialah sekitar 5, 6 kilometer. Sebagian menu yang tersedia di sana ialah paket nasi lalap bebek goreng, bebek goreng sambal lalap, nasi+sambal lalap+remepla ati, teh panas/ dingin, kopi, dan sekoteng. Banderol menu ada pada kisaran Rp 750-Rp 115.000. Tertentu untuk paket nasi lalap bebek goreng, banderol ada pada kisaran Rp 135.000-Rp 280.000.

Banderol paket disesuaikan dengan berapa orang yang menyantapnya. Misal saja, nasi lalap bebek goreng senilai Rp 140.000 bisa disantap oleh tiga orang. Apabila ingin bertamu, lokasi makan buka setiap hari pukul 08.00-21.00 WIB.

  • Candi Banyunibo

Candi Banyunibo berada di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Selisih dari Ratu Boko ialah sekitar 1, 8 kilometer. Walau tingkatan candi induk lebih kecil dari kaki candi, akan tetapi megahnya bangunan yang letaknya dikelilingi perbukitan tersebut tak pudar. Sejauh ada di sana, wisatawan mampu menikmati pemandangan sembari belajar sejarah dengan menyaksikan sebagian relief yang terdapat. Misal saja relief Dewi Hariti—Dewi produktivitas dalam agama Buddha.

Meskipun letak candi tak jauh dari kompleks Ratu Boko dan sebagian candi di sekitarnya, akan tetapi Candi Banyunibo seringkali disebut sebagai“ candi yang menyendiri” mengingat lokasinya yang lumayan terpisah. Karena, tak cuma dikelilingi oleh perbukitan, candi yang dibangun sekitar abad ke-9 pada era Kerajaan Mataram Kuno ini dikelilingi oleh perkebunan dan persawahan warga setempat. Banderol tiket menembus Candi Banyunibo ialah Rp 7.000. Jam operasionalnya ialah setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

  • Candi Ijo

Candi Ijo berada di Langkah Candi Ijo, Nglengkong, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Selisih dari Candi Banyunibo ialah sekitar 2, 3 kilometer. Lokasi wisata ini disebut-sebut sebagai candi bergengsi di Yogyakarta karena letaknya ada pada ketinggian 375 meter dari permukaan laut( mdpl). Menyaksikan urusan tersebut, telah tentu pemandangan yang disediakan oleh wilayah yang maksimal dengan rerumputan hijau tersebut ialah perbukitan dan pegunungan. Akan tetapi untuk menikmati panorama alam dari ketinggian Candi Ijo, kamu terpaksa cari lokasi yang tepat karena wilayah lokasi wisata dikelilingi oleh pepohonan yang mungkin bakal menutupi pemandangan.

Banderol tiket menembus Candi Ijo ialah Rp 5.000. Jam operasionalnya ialah Selasa-Jumat pukul 09.00-15.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 07.00-17.00 WIB. Hari Senin libur.

  • Tebing Breksi 

Setelah puas dengan perjalanan sejarah dan mengunjungi berbagai candi yang indah, atraksi terakhir yang bisa dikunjungi di hari pertama adalah Tebing Breksi. Tempat wisata ini terletak di Jalan Desa Lengkong, Kabupaten Sleman, RT 02 / RW 17, Desa Sambirejo. Jarak Candi Ijo sekitar 700 meter.

Baca Juga: 7 Daftar Wisata Alam Di Blitar

Tempat wisata ini terkenal dengan spot fotografinya yang unik dan sering digandrungi oleh para wisatawan. Salah satunya adalah relief wayang golek dan patung Semarang. Usai berfoto di area yang dulunya merupakan tambang, Anda bisa menggunakan tangga yang telah disediakan untuk melihat pemandangan di atas tebing. Tebing Breksi buka mulai pukul 06.00-18.00 WIB pada hari Selasa hingga Jumat, dan pukul 06.00-19.00 WIB pada hari Sabtu hingga Minggu, dan tutup pada hari Senin. Harga tiketnya Rp 10.000 per orang. Di setiap photo booth, wisatawan tidak diwajibkan membayar petugas, jika ingin membayar bisa membayar sukarela, dan tidak ada aturan minimal berapa rupiah.

Hari kedua wisata candi

  • Candi Prambanan

Yulianto menyatakan kalau lazimnya para tamu bakal bertanding bersamanya di Candi Prambanan sekitar pukul 09.00 WIB. Akan tetapi apabila ingin menikmati wisata candi sembari belajar sejarah tanpa terpaksa buru-buru, kamu mampu atur sendiri saat keberangkatan dan bertanding dengan pemandu wisata. Candi Prambanan berada di Langkah Raya Solo-Yogyakarta nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Mereka buka setiap hari pukul 08.00-15.00 WIB. Sejauh ada di sana, terdapat baiknya kamu tak buru-buru mengingat sejarah dari candi Hindu terbesar di Indonesia ini lumayan seru.

Disamping mengingat dibangun sekitar pertengahan abad ke-9, Candi Prambanan terutama Candi Siwa populer bakal kisah Ramayana yang ada pada reliefnya.

Sesudah wisata sejarah, kamu mampu foto-foto sembari menikmati pemandangan dari kompleks Candi Prambanan yang mempunyai sebagian candi yang lain yang menjulang mahal dan kelihatan indah.

Banderol tiket menembus Candi Prambanan ialah Rp 50.000 untuk wisatawan berumur 10 tahun ke atas dan Rp 25.000 untuk wisatawan berumur 3-10 tahun.

  • Candi Plaosan

Candi Plaosan berlokasi di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Selisih tempuh dari Candi Prambanan ialah sekitar 2, 7 kilometer. Setibanya di sana, kamu bakal menyaksikan kalau wilayah wisata dibagi sebagai kedua kompleks yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Untuk disadari,“ lor” ialah utara dalam Bahasa Jawa dan“ kidul” ialah selatan. Disamping menikmati megahnya bangunan candi dan apiknya relief yang terdapat, Candi Plaosan terutama bagian utara menyediakan sebagian spot Instagramable. Sebagian di antaranya ialah area depan dan bagian samping candi, sekaligus bagian pertahanan candi yang menyediakan pemandangan deretan candi berukuran kecil yang mengelilingi candi inti. Candi Plaosan buka Selasa-Minggu pukul 08.00-15.00 WIB. Banderol tiket masuknya ialah Rp 10.000 per orang dewasa dan Rp 2.000 per anak.

  • Makan siang di sekitar Candi Plaosan dan Candi Sojiwan

Sebelum meneruskan petualangan, kamu mampu berhenti sementara di lokasi makan yang terdapat di sepanjang langkah menyambut Candi Sojiwan. Salah satunya ialah nasi wiwiit di Manisreenggo. Selisih dari Candi Plaosan ialah sekitar 1, 2 kilometer.

Sebagian menunya ialah Cumi Bakar Pedas/ Madu, Sego Wiwit Nila, Nasi Bakar Teri, Trancam, Tumis Jamur, dan Mi Goreng. Banderol ada pada kisaran Rp 3.000-Rp 70.000. Jam buka setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB.

  • Candi Sojiwan

Candi Sojiwan berlokasi di Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Lokasi wisata ini bisa dibilang lumayan unik.

Karena, sebagian relief di sana mempunyai cerita-cerita binatang yang tak luput dari pemberian pesan moral untuk kehidupan sehari-hari. Banderol tiket menembus Candi Sojiwan ialah Rp 8.000 per orang dewasa dan Rp 2.000 per anak. Jam operasionalnya ialah Selasa-Minggu pukul 08.00-15.00 WIB.

  • Candi Barong

Candi Barong berada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Selisih dari Candi Sojiwan ialah sekitar 3, 1 kilometer. Kompleks Candi Barong mempunyai konstruksi berundak dan terdiri dari tiga level. Untuk memasukinya, pengunjung terpaksa berlangsung ke sisi barat mengingat pintu menembus mengarah ke jalan barat.

Nyaris di setiap sudut wilayah wisata bisa dijadikan sebagai spot gambar yang seru. Salah satunya ialah kedua bangunan candi yang megah. Konon ungkapnya, candi ini dibangun pada sejarah Kerajaan Mataram Kuno sekitar abad ke-9 pada sejarah Kerajaan Mataram Kuno. Apabila bertamu pada sore hari, kamu mampu menikmati pemandangan matahari terpuruk dari sini. Lokasi wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Banderol tiket masuknya ialah Rp 5.000 per orang.

Hari ketiga wisata candi

  • Candi Mendut

Walau telah menginjak area Kabupaten Magelang, Yulianto menyatakan kalau wisatawan yang ingin wisata candi sejauh di Yogyakarta juga bakal bertamu ke sana. Candi Mendut berada di Langkah Mayor Kusen, Sumberrejo, Kabupaten Magelang. Lokasi wisata ini buka setiap hari pukul 07.00-19.00 WIB. Candi yang dibangun pada 824 Masehi ini mempunyai berbagai spot maksimal makna. Salah satunya ialah Makara di samping posisi menyambut ke dalam candi.

Makara tersebut ialah hewan bernama Khimaira dalam mitologi Yunani. Dengan belalai bak gajah dan bagian mulut layaknya kudanil, Makara bertanduk menyerupai domba ini diandalkan sebagai kendaraan Dewi Gangga. Sejauh ada di sana, kamu mampu foto-foto dengan Makara atau panel-panel relief seru sembari belajar sejarah. Banderol tiket menembus Candi Mendut ialah Rp 10.000 per orang.

  • Candi Pawon

Candi Pawon berada di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Lokasi wisata ini buka setiap hari pukul 09.00-17. 30 WIB dengan banderol tiket menembus Rp 10.000. per orang. Disamping tampilan candinya yang lumayan, sejarahnya juga tak kalah seru untuk disadari karena pada akhir abad ke-19 Masehi, Candi Pawon dijumpai dalam kondisi kerusakan dan tertimbun semak belukar. Sesudah lewat pemugaran, disadari kalau penamaan candi tersebut tak disadari asal-usulnya. Akan tetapi, Candi Pawon diyakini dibentuk oleh Dinasti Sailendra antara abad ke-8 sampai abad ke-10 Masehi.

  • Candi Borobudur

Candi Borobubudur bertempat di Badrawat, Kab Magelang. Selisih nya ialah sekitar 2100 M dari arca lain nya. Bangunan ini dibentuk oleh Dinasti Sailendra pada sekitar 780-840 Masehi. Megahnya bangunan Candi Borobudur seringkali mencatatkan wisatawan terpukau. Akan tetapi, terdapat urusan lain yang lumayan seru untuk diperhatikan disamping besarnya bangunan candi. Misal saja ialah relief tentang sejarah durian di Nusantara.

Terlebih, terdapat juga relief tentang cerita cinta Ratu Kinari dengan Pangeran Sudhana di galeri I Candi Borobudur. Cerita tersebut apabila diibaratkan sama dengan cerita Jaka Tarub dan Nawang Wulan. Berikutnya, terdapat juga relief Sasa Jataka yang mengisahkan soal kelahiran Buddha dalam wujud hewan kelinci. Sampai saat ini, masih sekian relief di Candi Borobudur yang belum terekspos.

Please follow and like us:
YouTube
Pinterest
Instagram