23 Destinasi Wisata Di Gresik Yang Wajib Dikunjungi

www.ffaire.com23 Destinasi Wisata Di Gresik Yang Wajib Dikunjungi. Bingung saat mencari sarana berlibur di Gresik? gak perlu ragu, kami akan menyajikan sarana berlibur yang new dan menakjubkan.Kab GRSK adalah daerah di jatim yang berbatasan dengan Kota Surabaya dan Selat Madura.

Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Ramungan di barat dan Laut Jawa di utara. Sedangkan di selatan berbatasan dengan Sidoarjo dan Mojokerto. Semen adalah salah satu usaha yang sangat terbesar di Indonesia, Kabupaten Gresik juga memiliki potensi wisata yang sangat bagus.

Tempat wisata alam di Gresik sama menariknya dengan daerah lain di Jawa Timur. Misalnya deretan pulau yang indah, pantai yang eksotis, dan bukit kapur yang unik menjadi daya tarik utama tempat wisata populer yang layak untuk dijelajahi saat liburan.

Di kabupaten ini juga terdapat tempat wisata religi yang sangat terkenal yaitu Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, Makam Sunan Giri dan Sunan Kalijaga Lasan Kecil. Untuk melengkapi itinerary liburan anda, berikut kami rangkum daftar tempat wisata di Gresik terbaru dan terpopuler:

  1. Bukit Sekapuk

Bukit Sekapuk merupakan kawasan perbukitan kapur, relief unik yang terbentuk akibat aktivitas penambangan tampak seperti Instagram. Ukiran di bukit ini, termasuk pilar-pilar yang menjulang tinggi, menjadi pemandangan yang unik. Di tempat ini, Anda juga bisa membuat foto dengan foto yang bisa diunggah, bahkan ada yang terlihat seperti pilar tinggi, seperti bangunan megah bergaya Eropa.

Lokasi: Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

  1. Bukit Jamur

Fenomena alam Mushroom Rock atau Mushroom Mountain menjadi salah satu daya tarik yang sayang untuk dilewatkan di Kabupaten Gresik. Jenis batu ini sudah lama terkikis oleh angin, membentuk sejenis bahan batu yang mirip dengan jamur, jenis batu ini sangat unik dan menakjubkan. Batu besar seperti jamur membuat kita serasa berada di tanah Liliput. Tempat ini terletak di tengah persawahan dan terlihat lebih sejuk.Di sini kamu bisa mencari foto-foto cantik dengan spot-spot keren di sekitarnya.

Lokasi: Bangka, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

  1. Bukit Larangan Panceng

Bukit Larangan Panceng adalah salah satu surga tersembunyi di Gresik. Gunung ini memang jarang dikunjungi wisatawan, namun bagi yang suka camping tidak ada salahnya mencoba lokasi ini. Di puncak gunung, Anda bisa menikmati pemandangan yang sangat indah, mendirikan tenda, dan mengagumi hijaunya dedaunan yang tumbuh di puncak gunung. Bagi yang ingin ke gunung ini harus membawa perbekalan yang cukup karena tidak ada penjual disana.

Lokasi: Kabupaten Gresik, Panceng, Prupuh, Jawa Timur.

  1. Bukit Kapur Suci

Ada juga kawasan perbukitan yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu Gunung Kapur St. Salah satu destinasi Instagram Gresik. Berbeda dengan perbukitan kapur lainnya yang jauh dari kota, Bukit Kapur berbatasan langsung dengan Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) dan Kawasan Industri PT Petrokimia, yang tidak jauh dari pusat kota.

Tempat ini adalah tempat yang ideal untuk pelarian singkat, mereka perlu menyingkirkan belenggu kehidupan yang membosankan. Saat dihadirkan sendiri atau berpasangan, suasana disini sangat tenang. Gunung kapur ini tidak terlalu panas dan tidak berdebu seperti tambang batu kapur biasa. Satu kolam berwarna biru kehijauan (saat musim hujan). Di tambang ini banyak anak yang menggunakan kolam renang untuk bermain dan berenang.

Lokasi: Jl. Pongangan Rejo No. 34, Suci, Manyar, Suci, Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

  1. Banyu Urip Mangrove Center

Mangrove Center Banyu Urip merupakan salah satu destinasi ekowisata yang menarik saat berlibur di Gresik. Rimbunnya hutan bakau yang ditanam sejak 17 tahun silam menghadirkan perasaan alami yang menyejukkan.

Di tempat wisata ini terdapat jogging trail sepanjang 600 meter yang akan memanjakan Anda dengan keindahan alam sekitarnya. Selain jalan-jalan dan mencari spot foto keren, kamu juga bisa menanam bibit pohon mangga di tempat ini.

Lokasi: Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

  1. Sendang Pancuran Gosari

Awalnya objek wisata alam ini hanya berupa mata air, namun dalam perkembangannya tempat ini telah dipercantik dengan beberapa dekorasi yang unik, cocok untuk berfoto. Di sini kamu bisa membuat beberapa foto yang bisa diunggah ke Instagram di berbagai tempat, seperti rumah kayu, sarang burung, jembatan kayu dan tempat keren lainnya. Selain dilengkapi dengan beberapa spot fotografi unik, kamu juga akan dimanjakan dengan asri alam sekitar lokasi wisata ini.

Lokasi: Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

  1. Tanjung Gaang

Tanjung Gaang terbagi menjadi dua tempat yang indah. Pertama-tama, Anda bisa menikmati perpanjangan tebing laut dengan harga Rp dengan mencarter perahu. 50.000. Kedua, Anda bisa berjalan-jalan dari pantai Tanjung Kodok ke atas batu karang dan menikmati laut yang sangat luas.

Di sini, Anda akan terlihat tebing-tebing karang yang indah dan megah. Selain itu, Anda juga bisa memilih menyewa perahu di tebing untuk memilih plan yang lebih dulu. Tak hanya itu, tebing di antara Pantai Katak juga bisa menghasilkan foto yang bisa difoto. Cocok untuk yang suka selfie.

Lokasi: Desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

  1. Situs Giri Kedaton

Puncak gunung tempat situs Giri Kedaton berada tidak terlalu tinggi, jika anda ingin menaiki semua anak tangga untuk mencapai lokasi tersebut, anda tidak akan terlalu lelah. Namun sebaiknya bawa air minum saat berkunjung ke sini, karena jika merasa haus tidak akan menemukan penjualnya.

Di sisi kiri dan kanan anak tangga, rumah-rumah sangat padat, menyisakan area kosong di dekat puncak gunung. Di puncak gunung ini, Anda akan menemukan lokasi pembangunan Kedaton Giri. Meski penuh sejarah, banyak wisatawan yang hanya mencari foto untuk dibagikan. Bangunan unik di atas gunung ini dilengkapi dengan background foto yang cantik, jika kesini jangan lupa untuk berfoto.

Lokasi: Dusun Kedaton, Desa Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur.

  1. Pulau Gili Noko

Perpaduan antara pantai berpasir putih dan perairan jernih yang tenang menjadi kenikmatan alam yang begitu memikat di Gili Noko. Belum lagi berbagai keindahan alam bawah laut. Anda bisa menikmati snorkeling, bersantai dan menjelajahi keindahan biota lautnya untuk fotografi. Saat berada di sini, matahari terbit dan terbenam pun terlihat indah, baginya momen ini tidak akan terlewatkan.

Lokasi: Sidogedungbatu, Kec Sangkapura, Kab Gresik, Provinsi Jawa Timur.

  1. Pulau Noko Selayar

Layaknya daerah lain nya, daerah ini juga bisa menawarkan pantai yang indah, pasir putih N air yangsangat bening, pantai tersebut adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam serta menakjubkan lautnya. Dari Pulau Bawean, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan airboat untuk mencapai pantai. Di sini, Anda bisa mencoba snorkeling, diving dan mencari foto-foto Instagram.

Lokasi: Desa Sungai Rujing, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

  1. Pantai Mombhul

Pantai Mombhul merupakan destinasi wisata baru di Pulau Bawean di Gresik. Namun pantai ini mampu menarik wisatawan, sehingga tak heran jika hari libur selalu menarik wisatawan. Saat ini, pantai seluas 45 hektar tersebut masih dalam tahap pembangunan, dan renovasi sedang dilakukan di sana-sini. Termasuk menambahkan spot foto populer yang baru-baru ini muncul berupa sarang burung, dan melihat postingan love spot. Rencananya Pantai Mombhul akan melengkapi dengan berbagai tempat wisata, seperti penangkaran rusa, penyu, kolam air asin, dll.

Lokasi: Sidogentuk Batu, Sangkapura, Bawean, Gresik, Jawa Timur.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Terbaik di India

  1. Pantai Delegan

Perpaduan pasir putih dan deburan ombak pantai yang tenang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Delegan. Di pantai ini, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri garis pantai, bersantai, mencari spot foto paling keren, dan menikmati kesegaran air pantai sambil berenang. Di sekitar pantai terdapat banyak warung makan dan minum yang bisa Anda minum untuk mengisi perut.

Lokasi: Desa Delegan, Kecamatan Pahang, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

  1. Danau Kastoba

Danau di Pulau Bawean bisa menjadi tujuan wisata menarik untuk liburan berikutnya. Untuk mencapai lokasi danau, Anda harus mendaki sekitar 25 menit untuk mencapai puncak gunung. Begitu sampai di danau ini, rasa lelah mendaki ke puncak akan segera hilang. Keteduhannya memiliki air yang tenang, yang menjadikan suasana lebih tenang dan menyejukkan. Di danau ini kamu bisa menikmati pemandangan yang indah, berenang dan mencari spot selfie yang cantik.

Lokasi: Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

  1. Banyu Biru Lowayu

Banyu Biru Lowayu merupakan salah satu tempat wisata murah yang bisa anda kunjungi selama liburan di Gresik. Biru air yang mengalir dari mata air ini tidak hanya terlihat indah, tetapi juga memiliki rasa yang unik karena kandungan belerangnya. Kandungan belerang di Biru, Xiandan Bantang dipercaya ampuh mengatasi penyakit kulit dan gatal-gatal. Anda dapat menikmati sensasi kesejukan alami sambil merendam kaki di musim semi ini, menghasilkan efek yang lebih segar dan lebih rileks.

Lokasi: Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

  1. Dynasty Water World

Taman air terbesar di Gresik mungkin menjadi tujuan terbaik untuk akhir pekan bersama keluarga Anda. Kawasan wisata yang luas dengan fasilitas yang lengkap membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Terdapat kolam renang untuk anak dan dewasa, wahana air yang menyenangkan, air mancur, paviliun dan food court, membuat suasana liburan semakin nyaman dan menyenangkan.

Lokasi: 27-29 Jalan Pulau I, Manyar, Yosowilangun, Gresik, Jawa Timur.

  1. Wisata Bajak Laut

Wisata bajak laut adalah salah satu tempat wisata terpopuler untuk liburan keluarga di Gresik. Segala macam aktivitas seru bisa Anda lakukan disini, terutama aktivitas yang berhubungan dengan air. Meski tidak sepopuler Dynasty Water World, namun tetap memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Bagi orang tua yang ingin menghabiskan liburan bersama anak-anaknya, wisata bajak laut adalah pilihan terbaik. Tempat ini memiliki beberapa objek yang sangat disukai anak-anak, seperti perosotan dan beberapa permainan lainnya. Selain itu, Anda dapat menggunakan beberapa gambar sebagai latar belakang untuk membuat foto yang dapat dipasang di Instagram. Seperti bercak cinta, sayap, telur pecah, hingga kamar jungkir balik.

Lokasi: Raya Grogol, Bungah, Mayangan, Masaran, Provinsi Jawa Timur.

  1. Jembatan Galau Armapala

Untuk menghilangkan gejolak di Gresik, mungkin tempat ini bisa menjadi tujuan pilihan Anda untuk menghilangkannya, yaitu Jembatan Galau Armapala. Salah satu tempat wisata yang dibangun oleh anak muda di komunitas Armapala (pecinta alam Arek Manyar). Area ini terlihat biasa saja, tetapi jika ditampilkan secara permanen dalam foto, akan terlihat cantik. Anda bisa mengatur area ini sebagai lokasi alternatif untuk pencarian foto Instagram.

Lokasi: Kali Mireng, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

  1. Sate Tepi Sawah Gresik

Kamu bisa mencari foto di Instagram tentang Sate Tepi Sawah Gresik sekaligus melakukan perjalanan memasak. Kalaupun destinasi ini hanya sekedar tempat makan, jangan sampai melewatkan suasana pedasnya, dikelilingi oleh persawahan yang luas sehingga kaya raya. Disini anda akan menemukan beberapa tempat wisata cantik yang dapat melengkapi liburan anda di Gresik. Suasana di pinggir persawahan dan hijaunya persawahan di sekitarnya akan memberikan kesan romantis. Selain itu, ruang makannya dilengkapi dengan paviliun yang terbuat dari bambu dan payung warna-warni yang abadi di foto.

Lokasi: Jl. Raya Petiken, Mulung, Kota Baru, Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

  1. Gubuk Taman Sari

Bagi yang suka mencari foto cantik, tidak ada salahnya mengunjungi Gubuk Taman Sari di Gresik. Salah satu cafe baru dengan konsep rustic. Meski memiliki beberapa furniture kayu, pagar bambu, dan ubin jerami, tampilannya sangat sederhana. Namun kafe ini terlihat sangat modern dengan dekorasi payung gantung. Dari sini memberikan kesan unik dan terlihat seperti Instagram. Cocok untuk tas tangan yang suka belanja dan mencari foto dengan foto,

Lokasi: Jl. KHSyafiŕ×îi No.100, Suci, Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

  1. Telaga Ngipik

Oleh karena itu, bagi yang ingin menyegarkan otak atau menghindari cuaca panas, bisa mengunjungi Telaga Ngipik Gresik. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang menakjubkan, air danau yang tenang dan jernih serta udara sejuk khas Kabupaten Glesik. Fasilitasnya lengkap, dari toilet sampai tempat beli oleh-oleh. Ada juga perahu atau sepeda air yang bisa disewa untuk berkeliling Telaga Ngipik. Jangan khawatir kepanasan, karena banyak pohon dan berbagai tanaman tumbuh di keteduhan sekitar danau.

Lokasi: Kec Ngipik Jarang Kuwung. Gresik (Kab). Gresik.

  1. Kampung Kemasan

Gresik memang merupakan gudang dengan lokasi yang disukai, salah satunya Kampung Kemasan. Nama destinasi wisata pedesaan ini berasal dari marga Gresik, marga Kemas. Di sini, Anda bisa melihat banyak bangunan kolonial bergaya Cina dan Eropa yang masih berdiri tegak. Kunjungi Kampung Kemasan dan jangan lupa membawa kamera Anda. Karena banyak terdapat bangunan kuno klasik, maka bisa dijadikan spot foto yang bisa diambil. Saat sore hari yakni menjelang senja, pemandangan Kampung Kemasan akan semakin menawan.

Lokasi: Jl. KH. Abdul Karim Kemuteran, Pekelingan, Kentucky, III No. 24. Gresik (Kab).

  1. Pulau Bawean

Masih bagian dari Gresik, Pulau Bawean merupakan destinasi wisata populer bagi orang Rusia. Tidak hanya itu saja, disini Anda juga akan menemukan banyak sekali destinasi alam yang menakjubkan, seperti Pantai China Island, Pantai Mumbai dan wisata air terjun yang indah. Untuk bisa merasakan pesona Pulau Bawean bisa naik speedboat mahal dari Gresik, atau naik Jet Perintis pada hari selasa dan kamis (jika sedang berada di surabaya). Saat bosan dengan suasana perkotaan Hee Hee, menikmati pesona Pulau Bawean menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi: Pulau Bawean, kec sangkapura, Gresik.

Baca Juga: 20 Masakan Khas Jawa Timur Yang Wajib Kalian Coba

  1. Makam Siti Fatimah Binti Maimun

Nah, mari kita mulai perjalanan kita di kota Gresik yaitu makam Siti Fatima Binti Maimun. Konon kawasan ini merupakan yang tertua di Indonesia. Di makam ini Anda bisa melihat batu nisan yang keren, menyaksikan keberadaannya.Dia menulis bahwa 1042 M adalah tahun wafatnya Fatimah binti maimun.

Pada tahun 1911, seorang penulis Belanda bernama JP Moquette menemukan tempat wisata di Gresik, Jawa Timur ini. Karena kondisinya yang memprihatinkan, dapat dikatakan hal tersebut tidak memungkinkan. Prasasti ini ditulis dengan huruf Arab dengan gaya kufi yang merupakan gaya kaligrafi tertua di dunia. Selain itu, ia juga menulis dua ayat dalam Alquran dan ayat 26 dan 27 Rahman.

Alamat: Jl. Raya Manyar, Pesantren, Peganden, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (61151)

Please follow and like us:
YouTube
Pinterest
Instagram