Variasi Bakso yang Namanya dan Bentuknya Unik di Indonesia

www.ffaire.comVariasi Bakso yang Namanya dan Bentuknya Unik di Indonesia. Kelezatan Indonesia sangat beragam, tidak hanya sate dan nasi goreng dengan ciri khas Indonesia, tapi juga dunia. Bakso bundar juga menjadi makanan legendaris di Indonesia, idaman dari kalangan bawah sampai kelas atas, dan rasanya selalu enak. Selidiki bahwa bakso sebenarnya adalah makanan asli dari Negeri Zhulian (juga dikenal sebagai Cina). Meski begitu, bakso sudah mendarah daging di Indonesia, tak heran jika hampir setiap daerah memiliki bakso khasnya masing-masing, seperti bakso malang, bakso solo, bakso wonogiri dan lain sebagainya.

Berbicara tentang bakso Indonesia mungkin hampir sama dengan berbicara tentang berapa suku yang ada di Indonesia, karena jenisnya banyak sekali, dari bakso khas solo, bakso malang, bakso urat dan lain sebagainya.

Jangan bilang orang Indonesia, bila tidak kreatif dan inovatif, bakso yang biasa disantap dengan mie dan kuah kini mengalami inovasi untuk membuat bakso unik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Penasaran dengan bakso unik ini? Mari kita LIHAT!

Macam-macam Bakso di INDONESIA:

1. Bakso Bujangan

Wuhwww…ii! namanya, mungkin hanya mereka yang masih bujangan yang bisa menikmati bakso ini, tapi temen-temen yakinlah, siapapun bisa menikmati bakso ini, kenapa tidak mereka pilih statusnya. Gerai bakso unik ini bisa kamu temukan di seantero Jabodetabek, selain itu asalnya di Kota Kembang Bandung. Bakso ini menyajikan keju, pemandangan luas dari berbagai isian yang terbuat dari paprika dan telur utuh. Namun yang paling menarik adalah isian kejunya, karena rasanya yang sangat gurih dan enak.

2. Bakso Penyet

Makanan penyetan umumnya masih biasa yang sering kita jumpai di pinggir jalan, tapi ini bakso penyet? Ya sebenarnya ada meja bakso yang unik. Disebut bakso penyet karena disajikan dalam lumpang dan dimakan dengan bubuk cabai, seperti halnya makan ayam atau tempe penyet. Seperti yang bisa dibayangkan, pasti pedas dan enak bikin ketagihan! Warung bakso ini bisa kamu temukan di sebuah restoran bernama Warung Bu Kris di Fatmawati, Jakarta Selatan.

3. Bakso Comberan

Oh! Siapa yang bingung dengan bakso unik yang satu ini? Pertama-tama jangan salah sangka, karena bakso ini tidak dibuka di talang dan tidak menggunakan kuah talang, tapi kenapa disebut talang bakso, karena kuah ini berwarna hitam pekat, persis seperti kotoran. Tapi harap bersabar sampai anda mencobanya sendiri, karena dari segi rasa bisa dikatakan bakso ini sangat enak, karena kuahnya yang berwarna gelap diekstrak dari kuah “kluwak”, kemudian kuah “kluwak”dicampur dengan mie, tulang dan banyak daging dicampur menjadi satu. Pemiliknya, Pak Bewok, memadukan rasa kluwek dengan bakso yang enak, sehingga rasa yang diberikan lebih asin dan lebih segar. Seporsi bakso comberan ini dijual dengan harga mulai Rp 12.000-an. Lokasinya berada di depan pintu masuk Universitas Indonesia.

4. Bakso Moncrot

Salah satu bakso terunik di Indonesia mungkin cocok untuk bakso Moncrot ini. Bagaimana mungkin bakso ini dibuat dengan tomat, dikosongkan isinya, lalu diganti dengan adonan bakso. Meski aneh, rasa bakso unik yang satu ini tak perlu diragukan lagi, karena perpaduan rasa asam tomat dan bakso asin sangat cocok, apalagi saat hujan. Menu bakso tomat ini ditawarkan dengan harga Rp 25.000-an per porsi.

5 Bakso Bola Tenis H.M.Nasir

Mau makan bakso bersama keluarga dan teman ?? Bakso ini menjadi pilihan anda karena ukurannya yang besar hampir melebihi ukuran kepala bayi. Sedangkan bakso ini dijual dengan harga yang cukup mahal yaitu 100.000 rupiah per mangkok yang hanya bisa didapatkan di kawasan Universitas Pamulang.

6. Bakso Kerikil

Jika bola sebelumnya adalah bola besar, maka bola unik ini sekecil kerikil di tepi sungai. Meski begitu, adonan yang digunakan untuk membuat bakso ini tetap sama dan enak. Bagi yang berminat mencoba bisa mengunjungi toko-toko asli yang ada di Yogyakarta. Satu porsi biasanya diisi dengan 3 sampai 6 bakso kecil, yang dijamin bikin ketagihan.

7. Bakso Barbel

Mendengar namanya saja, kita sudah bisa menebak kalau bakso ini memiliki bentuk yang anti mainstream! Bakso tidak sehalus biasanya, melainkan berbentuk barbel. Tidak hanya bakso, semua perlengkapannya juga berupa barbel. Warung bakso di Jln Riau 205 Bandung ini telah menawarkan bakso yang berbentuk barbel karena awalnya dibuat oleh pemilik Agung Hercules karena kecintaannya pada olahraga tersebut.

8. Bakso Beranak

Inovasi dalam dunia bakso terus berkembang. Setelah anak-anak makan bakso dengan berbagai ukuran dan isian, mereka ada di sini lagi. Bakso beranak artinya bakso di dalam bakso. Setelah memotong menjadi bola-bola besar, Anda bisa mendapatkan bola-bola kecil atau isian lainnya, seperti tahu atau pangsit. Bakso ini sempat membuat kaget para penggila masak karena selain sajian bakso yang sangat besar (seukuran mangkok), juga bisa menghasilkan bakso berukuran kecil dengan bakso berukuran besar. Bagi yang ingin mencoba bakso beranak ini terletak di kawasan sentul bogor dan dijual 1 porsi dengan harga 10.000 rupiah.

9. Bakso Bakar Malang

Malang merupakan surganya bakso dan terkenal di seluruh wilayah Indonesia. Jika Anda datang ke Malang, Anda bisa mencoba berbagai olahan bakso, mulai dari bakso standar hingga bakso bakar yang penuh cita rasa iman. Bakso bakar ini ditusuk menjadi kuah mirip sate, lalu dibakar dengan kecap, bawang merah, dan sambal. Rasanya sangat enak. Bagi yang ingin mencoba cita rasa original dan otentik bisa mampir ke pertokoan di dekat SMPN 2 Malang atau Jalan Pahlawan Trip.

10. Bakso Mangkok

Bakso Mangkok adalah bakso yang beratnya mencapai 2 kilogram, um … besar! Itu sangat besar sehingga tidak ada yang bisa menyelesaikannya sendirian. Biarpun dimakan 4 orang, masih banyak yang tersisa. Jika ingin mencoba bakso besar ini, silahkan mampir ke warung di Jalan Sukawarna di Cicendo, Bandung ini. Satu porsi bakso Mangkok dihargai kira-kira  25.000 ribu (bakso yang lebih kecil mungkin sebesar tangan orang dewasa), dan sekiraan 150.000 ribu untuk versi raksasa.

Baca Juga: 18 Makanan Khas Papua Yang wajib Anda Makan Ketika Berada Di Sana

11. Bakso Aci

Kebanyakan bakso di berbagai daerah di Indonesia terbuat dari daging sapi atau ayam. Cerita Garut lainnya adalah adanya ekspor bakso di daerah tersebut yang menggunakan aci atau pati sebagai bahan baku pembuatan bakso. Meski tanpa remah daging, bakso ini tetap enak dan diburu banyak orang. Rasanya enak, sopnya enak, tidak akan bosan jika terus memakannya.

12. Bakso Pentol Budi Mulya

Jika Anda sedang menginap di Surabaya, jangan lupa untuk mencoba yang namanya warung bakso yang bernama Pentol Budi Mulya. Toko bakso ini setidaknya harus menjajal berbagai varian bakso, mulai dari bakso pedas, telur puyuh, bakso tahu, siomay hingga gorengan. Selain itu, ada juga Bakso Pentol Budi Mulya yang menarik, yang menawarkan berbagai jenis bakso dengan selai kacang. Wow! Yang penasaran akan mampir ke toko di Jalan Karimun Jawa di Jamsostek, Surabaya.

13. Bakso Mercon

Bakso ini sangat cocok untuk yang suka makanan pedas. Ya, bola biji melon ini diisi dengan daging cincang dan cabai kubus atau sambal super pedas yang sangat pedas. Saya yakin ketika Anda makan bakso ini, keringat Anda akan mengalir, dan mulut Anda tidak akan terlalu pedas. Bakso Mercon bisa ditemukan di warung makan Karet Pedurenan di Kuningan. Jakarta.

14. Bakso Setan

Scream amat namanya,jadi takut? Siapa yang mau makan bola setan? Tapi tolong jangan salah sangka, bakso setan ini jadi incaran para pecinta bakso! Bakso ini bisa kamu temukan di kawasan Puncak Bogor. Beratnya 500 gram, dan harga per porsi mencapai Rp50.000. Walaupun harganya relatif mahal, toko tidak akan pernah kekurangan pembeli, dan pelanggan akan terus berdatangan. Ini karena bakso setan mudah dimakan, kenyal, dan daging cincangnya empuk. Kaldu bisa dimakan sendiri, dicampur dengan mie atau digunakan sebagai pelengkap.

15. Bakso Balon dan Kotak

Jika ingin mencari bakso yang lebih unik dan modern, coba mampir ke warung makan bernama Warung Mie dan Bakso Kotak 60 di Bandar Lampung. Di sini, Anda akan menemukan bakso berbentuk luar biasa yang disebut bakso balon dan bakso kotak. Sebagai referensi, bola besar ini tidak dibuat dengan bahan bakunya dari karet balon, melainkan dari kuning telur yang telah dimatangkan bagian luarnya.

16. Bakso Rambutan

Menu bakso  ini cuma bisa ditemukan di Warung Pak Bas di Jalan Danau Sentani Raya H1-B41 Sawojajar di Malang. Daya tariknya adalah penampilannya yang begitu menggugah selera, terbuat dari daging sapi dan ayam pilihan. Kemudian, bakso biasanya berisi telur puyuh di dalamnya. Bakso rambutan ini berbeda dengan bakso lainnya karena bisa dimakan dengan atau tanpa kecap. Bakso ini dibalut dengan mie keriting super renyah yang cocok dijadikan cemilan sore hari.

17. Bakso Kurma

Jika biasanya daging cincang, paprika atau telur selalu di isi bakso, makan bakso tersebut kini sudah penuh dengan kurma. Ya, jujube buah yang sering dijumpai di bulan-bulan puasa digunakan sebagai isian bakso ini. Pemilik keturunan Arab ini ingin menciptakan rasa makan bakso dengan rasa yang berbeda. Soal ukurannya, bakso ini memiliki ukuran porsi yang normal, yang bisa menjamin kepuasan Anda. Bakso super unik ini bisa kamu temukan di food court yang berada di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

18. Bakso Klenger

Bakso Klenger ini bisa dimakan dalam ukuran ekstra, mulai dari 250 gram hingga makanan sangat besar seberat 5 kilogram. Wow! Bukankah ini sebesar ini? Karena ukurannya yang besar, bakso ini bisa dijadikan sajian dalam kumpul-kumpul sosial! Isi bakso juga berbeda-beda antara lain telur, daging sapi, ayam, telur puyuh, daging cincang, dll. Bagi yang ingin mencoba Bakso Klenger, tokonya bisa ditemukan di kawasan Yogyakarta.

19. Bakso Hitam

Biasanya orang akan menemukan bakso berwarna putih muda atau abu-abu. Namun, jika Anda berada di toko ini, Anda akan menemukan bakso berwarna hitam pekat seperti arang. Gebrakan unik dan ekstrim ini sekaligus dilakukan oleh seorang pedagang bakso bernama Sigit Prihanto di Surabaya. Diakuinya, pembuatan daging bulat membutuhkan penggunaan karbon aktif atau arang bambu sebagai bahan baku pembuatan bakso. Wow, patut dicoba!

20. Bakso Rusuk

Bakso Rusuk yang berlokasi di Jalan Semar, Pasir Kaliki, Bandung ini menyajikan seporsi bakso iga. Ia mengatakan, karena istri pemiliknya yang kebetulan berasal dari Makassar menyukai Sop Konro. Meski dagingnya sedikit, semangkuk bakso semar tetap membuat Anda ketagihan untuk mengunyahnya. Harga bakso di sini berkisar antara 10.000 hingga 20.000 rupiah.

Baca Juga: 23 Destinasi Wisata Di Kota Banyuwangi

21. Bakso Permen

Bola ini unik karena bentuknya yang seperti permen, jadi untuk membuat bola ini mungkin membutuhkan sedikit kesabaran. Karena bentuknya yang lucu tentunya akan disukai oleh anak-anak

22. Bakso seperti sarang burung

Kalau bakso ini benar-benar bakso yang sehat. Disebut bakso seperti sarang burung walet karena bakso tersebut dipotong kecil-kecil serta isi sayuran, sehingga terlihat menyerupai telur puyuh. Bakso ini dipadukan dengan mie tipis sehingga lebih mirip sarang burung walet.

23. Bakso Telur Setengah Matang

Jika bakso berisi telur rebus sudah biasa, makan bakso ini sudah membuat pecinta telur setengah rebus jatuh hati padanya. Ya, ini adalah bola telur setengah matang, hanya dari gambar terlihat kuning telurnya masih meleleh. Benar-benar rusak!

24. Bakso Kelapa Muda

Rasa asin bakso melengkapi manisnya daging kelapa muda. Hal ini memberikan cita rasa yang istimewa bagi para penggemar bakso. Buat yang sudah tidak sabar untuk mencoba bakso “kekinian” ini, datang saja ke restoran DM di Pasar 8 Blok RH No. 2. Jalan Alam Utama, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Jika Anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya, maka Anda pasti bisa menjangkau kedai bakso ini.

25. Bakso Montet

Bakso ini terkenal dengan bakso lemak babi atau berlemak. Siap-siap saja tubuhmu akan di isi lemak dari Bakso ini. Terletak di 184 Jalan Raya Brayublandong, Dawarblandong, Mojokerto.

26. Bakso Gulung

Pada umumnya bakso berbentuk bulat dan bertekstur kenyal, namun berbeda dengan bakso yang dijual di Bakso Terminal Kedai. Bakso di warung ini bentuknya tidak biasa, digulung seperti sosis. Menu yang disediakan tidak hanya bakso gulung saja, tapi juga beberapa menu bakso lain yang bisa dipilih, di antaranya bakso mentah, bakso jamur, bakso keju, bakso puyuh, dll. Toko ini berlokasi di Proklamasi No.12, Gresik, Jalan, mulai pukul 17.00 WIB.

27. Bakso Buaya

Bakso Buaya, bukan berarti bakso tersebut terbuat dari olahan daging buaya! Karena ukurannya yang besar, bakso ini pun bisa disantap bersama teman atau keluarga. Nah, jika Anda ingin mencicipi bakso buaya jenis ini, maka Anda bisa datang ke Warung Joss Narogong Rusuk Bakso yang terletak di Jalan Raya Siliwangi (Narogong) km 7 Ruko Gardenia Pesona Metropolitan RB 1-2 Bojong Rawalumbu, Bekasi.

28. Bakso Kuburan Mantan

Menu ini untuk mereka yang baru saja bersedih. Dengan cara ini, stimulus dapat diarahkan ke yang pertama melalui makanan. Penyajian bakso menyerupai kuburan. Berbeda dengan bakso biasa, bakso berbentuk bulat. Bakso kubur tua itu berbentuk kotak-kotak memanjang. Agar lebih nikmat, adonan bakso yang kental diisi dengan telur puyuh dan sosis sapi. Rasa masakan yang unik ini sangat cocok disantap dengan makanan pendamping seperti kuah kaldu yang enak, sayur mayur, bihun dan mie kuning. Bakso unik ini bisa Anda temukan di Jalan Pajagalan No. 49 RT 007 / RW 003 di Desa Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

29. Bakso Genderuwo

Jangan lari mendengar namanya!!! Dari namanya memang menyeramkan bukan? tetapi di dalamnya ternyata ada daging cincang, dengan bola-bola kecil. Bakso unik ini bisa kamu temukan di JL. Sumpah Pemuda 56 Surakarta.

30. Bakso Tumpeng

Bentuk bakso pada umumnya emang bulat maka bakso ini berbentuk tumpeng atau seperti tumpeng. Bakso ini sering disebut “bakso tumpeng” oleh para penikmatnya. Warung bakso unik ini terletak di desa Campurejo di Bojonegoro. Warung ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB dan menyajikan bakso isi telur yang lezat.

Jadi mana nihh!!!! Pilihan Sobat pecinta Bakso Sejati, mana yang cocok buat sobat menikmati olahan makanan dengan ciri khas berbentuk Bulat dan kadang ada juga berbentuk aneh?. Bila menikmati makanan ini, saya anjurkan menikmatinya dengan sahabat atau keluarga… Yang pastinya akan lebih NIKMAT..!!!

Please follow and like us:
YouTube
Pinterest
Instagram