Olahan-olahan Makanan Serta Perkembangan Makanan Di Selandia Baru

Olahan-olahan Makanan Serta Perkembangan Makanan Di Selandia Baru

www.ffaire.comOlahan-olahan Makanan Serta Perkembangan Makanan Di Selandia Baru. Olahan Selandia Terkini beberapa besar didorong oleh materi- materi lokal serta alterasi musiman. Suatu negeri kepulauan dengan ekonomi penting pertanian, Selandia Terkini menciptakan hasil dari bumi serta laut. Mendekati dengan olahan Australia, olahan Selandia Terkini merupakan olahan berplatform Inggris yang beraneka ragam, dengan akibat Mediterania serta Lingkar Pasifik sebab negeri itu jadi lebih kosmopolitan.

Akibat asal usul tiba dari olahan Inggris serta adat Māori. Semenjak tahun 1970- an olahan terkini semacam olahan Amerika Terkini, Asia Tenggara, Asia Timur, serta Asia Selatan jadi terkenal. The Māori waktu kai dengan cara besar dipakai di Selandia Terkini buat mengatakan santapan, olahan paling utama konvensional Māori.

Olahan Māori

Kala masyarakat asli Māori datang di Selandia Terkini dari Polinesia tropis, mereka bawa beberapa tumbuhan pangan, tercantum kūmara( ketela jalar), talas, uwhi, hue, serta tī- pore. Beberapa besar tumbuhan ini cuma berkembang dengan bagus di utara Pulau Utara; kūmara bisa ditanam di selatan sampai ke Pulau Selatan bagian utara, serta jadi santapan utama yang bisa ditaruh sepanjang masa dingin. Tumbuhan asli Selandia Terkini semacam fernroot jadi bagian santapan yang lebih berarti, bersama dengan serangga semacam huhu grub. Cacing tanah, yang diucap noke, apalagi dengan cara luar lazim jadi bagian dari santapan konvensional Māori. Permasalahan dengan hortikultura diakibatkan oleh banyaknya kukila serta kehidupan laut. Moa besar yang tidak dapat melambung lekas dikejar sampai musnah. Rāhui( pemisahan pangkal energi) tercantum mencegah pelacakan genus khusus di tempat khusus ataupun pada durasi khusus dalam satu tahun, alhasil jumlahnya bisa beregenerasi.

Baca Juga: Makanan Dan Minuman Khas Di Negara Taiwan

Semacam orang Polinesia yang lain, Māori memasak santapan dalam dapur tanah, yang diketahui di Selandia Terkini selaku hāngi, walaupun tutur umu pula dipakai semacam dalam bahasa Pasifik yang lain. Batu dipanaskan dengan api serta santapan yang dikemas dalam daun diletakkan di atasnya. Paket berikutnya ditutup dengan dedaunan serta kain, ataupun, keranjang berair, setelah itu tanah. Tata cara memasak yang lain tercantum memanggang serta, di zona panas alam, merebus ataupun mengukus memakai mata air panas natural serta kolam. Terkadang santapan direbus di wilayah non- panas alam dengan menaruh batu panas ke dalam cawan bermuatan air serta santapan; serta sebagian santapan pula dimasak di atas api terbuka.[5]Beberapa santapan diawetkan dengan memakai asap, pengeringan hawa, peragian ataupun susunan lemak— paling utama kukila kambing. Māori merupakan salah satu dari sedikit orang yang tidak mempunyai minuman beralkohol dalam wujud.

Santapan serta agama

Dalam agama konvensional Māori, santapan merupakan noa, ataupun non- sakral. Ini berarti kehati- hatian wajib dicoba buat membendungnya bersinggungan dengan tempat ataupun barang tapu. Bila betul, tapu tempat ataupun subjek itu, serta kerap kali orang yang terpaut dengannya, hendak beresiko. Atasan besar, serta banyak orang yang ikut serta dalam profesi tapu semacam tato, merupakan tapu serta dibatasi metode mereka menanggulangi santapan; tapu sangat butuh diberi makan oleh orang lain. Satu narasi menggambarkan mengenai acara perang yang wajib ditunda sebab tidak terdapat orang non- tapu yang mau muat bekal santapan ke waka acara.

Akibat Eropa

Kala orang Eropa( Pākehā) awal kali datang di Selandia Terkini dari akhir era kedelapan simpati, mereka bawa santapan mereka sendiri. Sebagian di antara lain, paling utama daging babi serta kentang, dengan kilat diadopsi oleh Māori. Kentang amat terkenal sebab mereka ditanam dengan metode yang mendekati dengan kūmara namun menciptakan hasil yang jauh lebih besar dengan sedikit upaya. Santapan Eropa yang lain semacam gandum, labu, daging kambing, gula, serta banyak tipe buah pula jadi bagian dari santapan Māori serta diperdagangkan dengan cara besar dengan mendatangi kapal. Bahariwan nelayan Amerika bawa kumara jenis baruke Selandia Terkini, serta jenis hasil besar ini dengan kilat mengambil alih jenis asli kumara.( Dikala ini mayoritas kūmara merupakan jenis menguntungkan Owairaka Red, Toka Toka Gold serta Beauregard.)

Alkohol, awal mulanya ditolak selaku wai piro( air beraroma busuk), pula jadi bagian dari kehidupan Māori. Beberapa besar kaum Māori mendapatkan surplus santapan buat diperdagangkan dengan suku- suku lain serta dengan wisatawan serta penduduk Eropa. Sebagian kaum jadi banyak dari perdagangan ini, walaupun pabrik santapan Māori menyusut pada medio era kesembilan simpati sebab lenyapnya tanah serta kompetisi dari para orang tani penduduk. Banyak pangkal santapan konvensional, semacam kereru( merpati kusen) serta kukila yang lain, dan sebagian tipe ikan serta belukar, jadi sangat jarang sebab hutan dihancurkan serta genus dikejar dengan cara kelewatan.

Olahan Māori hari ini

Olahan Māori dikala ini merupakan kombinasi dari adat- istiadat Māori, olahan Inggris kuno, serta persembahan kontemporer. Beberapa besar pertemuan Māori besar menunjukkan hāngi, yang mungkin besar bermuatan santapan yang dibawa ke Selandia Terkini oleh Māori serta Pākehā. Dalam sebagian dasawarsa terakhir terdapat banyak kebingungan kalau Māori sudah mengutip kerutinan makan orang Eropa yang terburuk serta akhirnya dengan cara tidak sepadan mengarah mengidap kegemukan, penyakit jantung, serta diabet.

2 persembahan yang dikira selaku karakteristik khas Māori merupakan rebusan- daging babi, kentang, kūmara, serta pangsit- serta babi serta puha( hambur thistle) yang mencampurkan santapan pendatang serta santapan asli. Kedua persembahan itu berhutang banyak pada tata cara memasak Inggris era kesembilan simpati.

Yang pula melainkan merupakan rēwena ataupun” roti Maori”, yang terbuat dengan kentang yang difermentasi.

Santapan penduduk Kepulauan Inggris

Penduduk Inggris era kesembilan simpati di Selandia Terkini berupaya semaksimal bisa jadi buat mereproduksi santapan tanah air mereka. Pada langkah dini kolonisasi, perihal ini susah dicoba sebab banyak materi yang tidak ada. Para penduduk Pākehā menyantap kukila serta ikan asli, serta memakai materi- materi lokal selaku pengganti materi- materi yang tidak ada, misalnya mencampur teh serta bir memakai tumbuhan non- konvensional. Beberapa besar inovasi ini dibiarkan sebab populasi Pākehā bertambah serta materi- materi konvensional mulai diimpor dengan cara massal ataupun dibuat di Selandia Terkini. Salah satu inovasi yang lazim dihidangkan di meja Selandia Terkini sampai medio 1980- an merupakan angsa kolonial, kaki biri- biri isi yang mengambil alih angsa. Perbandingan penting antara santapan Inggris serta Pākehā merupakan kalau daging jauh lebih ada buat seluruh kategori sosial di Selandia Terkini. Sebaliknya di Inggris era kesembilan simpati, pegawai makan daging dalam jumlah yang amat sedikit, di Selandia Terkini mereka dapat menyantapnya tiap kali makan. Sebab daging merupakan santapan status besar di Inggris, para penduduk Inggris di Selandia Terkini menyantapnya dalam jumlah besar.

Semacam orang Inggris, Pākehā dengan cara konvensional lebih menggemari santapan manis, serta banyak persembahan kue memperingati acara- acara berarti, terlihat lewat kue, scone, muffin, serta persembahan kue manis yang lain. Novel formula sangat ikonik di negeri itu, Edmonds Cookery Book, awal mulanya diawali selaku materi pengumuman buat industri baking powder, serta bermuatan formula kue dalam nisbah yang besar.

Dari persembahan Inggris Antipodean sampai kombinasi Asia- Pasifik

Sepanjang beberapa besar era ke- 20, olahan Selandia Terkini senantiasa ialah anak besar dari santapan Inggris. Tidak semacam Inggris, Selandia Terkini lulus dari kekurangan pangan penting sepanjang Perang Bumi II. Tetapi, desakan gerombolan AS di Pasifik dan ekspor ke Inggris membuat daging serta mentega dijatah antara tahun 1943 serta 1950. Semenjak dekat tahun 1960- an, timbulnya ekspedisi hawa yang terjangkau membolehkan orang Selandia Terkini buat berjalan ke luar negara dengan lebih gampang. Banyak orang Selandia Terkini berangkat ke Eropa buat pengalaman luar negara di mana mereka menciptakan olahan Prancis serta Italia, serta pula restoran India serta Tiongkok di Inggris dan olahan New British.. Kala mereka kembali ke rumah, mereka menolong menghasilkan permohonan hendak santapan bermutu lebih bagus serta lebih banyak alterasi. Mereka pula berupaya menciptakan apa itu olahan Selandia Terkini, bereksperimen dengan hangi serta memperoleh penghargaan yang lebih besar kepada hasil alam Selandia Terkini.

Bergabungnya Kerajaan Inggris dengan Warga Ekonomi Eropa( MEE)( saat ini Uni Eropa) pada tahun 1973 membunyikan bel kematian bukti diri Selandia Terkini selaku produsen pertanian buat Kepulauan Inggris, serta jalinan adat resmi, tercantum olahan, dengan Kerajaan Inggris. mulai jadi cair. Sepanjang rentang waktu ini, persembahan Eropa non- Inggris ataupun Irlandia khusus, semacam beef bourguignon, sudah membebaskan konotasi etnik serta merambah olahan penting Selandia Terkini. 1970- an pula memandang pergantian besar dalam santapan dibawa kembali dengan kehadiran kaitan santapan kilat hidangan Amerika awal: Kentucky Fried Chicken( KFC) pada tahun 1971, Pizza Hut pada tahun 1974, serta McDonaldspada tahun 1976.

Tahun 1980- an diisyarati dengan liberalisasi ekonomi yang dinamai Rogernomics( dipanggil dari Menteri Finansial dikala itu, Roger Douglas) yang menghapuskan bantuan pertanian, memforsir banyak orang tani buat mencari metode pengganti buat bertahan hidup. Banyak yang memilah buat memproduksi tipe keju spesial semacam Havarti, Brie, serta Stilton, ataupun melaksanakan penganekaragaman ke penanaman zaitun[a] ataupun anggur dari peternakan daging serta susu konvensional. Minyak alpukat buat memasak dikomersialkan di Selandia Terkini pada tahun 1999 oleh segerombol orang tani yang berplatform di area Tauranga.

Rogernomics pula menghilangkan beberapa besar bayaran memasukkan serta mempraktikkan pemerintahan karantina memasukkan produk pertanian yang lebih longgar. Perihal ini membolehkan santapan spesial yang dilarang ataupun amat mahal, semacam ham serrano asli dari Spanyol, minyak zaitun extra virgin dari Italia, serta mempelam dari Thailand, ada di Selandia Terkini dengan harga yang alami. Kedua kemajuan dari Rogernomics ini sudah melahirkan banyak sekali produk santapan ahli yang ada di Selandia Terkini.

Di atas pergantian materi- materi yang ada, tahun 1980- an pula terjalin liberalisasi rasio besar dalam tindakan kepada style memasak yang tadinya kotoran asing serta pembagian style hidup bagi pemasukan serta status sosial- ekonomi. Selandia Terkini dikala ini sudah meningkatkan pemikiran adat yang amat berlainan jauh dari Kepulauan Inggris, serta ini pula membuat style memasak asing lebih bisa diperoleh di golongan warga biasa. Masa yang serupa pula memandang masyarakat banyak merasa leluasa buat dengan cara terbuka menjiplak kerutinan makan serta minum elegan dari kategori menengah atas serta atas di luar negara, selaku preferensi konvensional Selandia Terkini dari egalitarianisme, yang dimanifestasikan dalam bias yang membengkak kepada penyimpangan dari kategori menengah ke dasar. style hidup, pengaruhnya menurun. Dalam perkata antropolog yang berplatform di Selandia BaruDavid Veart, rentang waktu penjelajahan adat kuliner Selandia Terkini ini mendekati dengan” dikeluarkan sehabis ditahan lama di sekolah”.

Olahan lain di Selandia Baru

Banyak orang dari bermacam kerangka balik sudah berdiam di Selandia Terkini, serta banyak yang berupaya mereproduksi olahan asli ataupun persembahan nasional mereka di Selandia Terkini. Mendekati dengan penduduk Pākehā dini, perihal ini kerap kali teruji susah. Golongan etnik yang lebih besar, semacam Tionghoa, bisa mengimpor sebagian materi, namun kerapkali persembahan wajib dimodifikasi buat memakai materi- materi lokal. Restoran etnik sudah berperan selaku tempat pertemuan komunitas serta pula membagikan peluang pada masyarakat Selandia Terkini yang lain buat berupaya olahan yang berlainan. Tetapi, buat beberapa besar sejarahnya, cuma terdapat sedikit restoran etnik di Selandia Terkini tidak hanya restoran Tiongkok, India, serta Italia yang tidak autentik.

Hukum Imigrasi tahun 1986 betul- betul menghapuskan preferensi kebangsaan buat imigrasi, serta imigrasi dari Asia Timur, Asia Tenggara serta Asia Selatan sudah meroket semenjak dikala itu. Banyak dari imigran ini sudah bawa olahan mereka yang berlainan ke Selandia Terkini, serta kerap membuka restoran etnik serta tempat makan buat dibawa kembali, membagikan peluang pada masyarakat Selandia Terkini buat berupaya versi Jepang, Thailand, Melayu, Tiongkok wilayah, India, serta olahan Asia yang lain yang lebih autentik.. Bersamaan durasi, olahan etnik ini dengan cara berangsur- angsur diperoleh oleh Pākehā serta Māori Selandia Terkini. Akhirnya, beberapa besar kota di Selandia Terkini mempunyai beraneka ragam restoran etnik, serta santapan semacam kebab, couscous, serta sushi dihidangkan nyaris di mana- mana. Banyak persembahan etnik yang dengan berkenan diadopsi oleh orang Selandia Terkini selaku kepunyaan mereka, tercantum sushi, antipasto, ayam mentega, pad thai, pasta, semacam yang timbul dalam olahan rumah, dan di restoran biasa di Selandia Terkini.

Baca Juga: Destinasi Wisata Di Sekitaran Lampung

Materi buat banyak persembahan etnik jadi lebih gampang ditemui di kota- kota besar, mayoritas lewat gerai santapan spesial ataupun etnik yang diawali oleh banyak migran pasca- 1987 ke Selandia Terkini, namun dalam sebagian permasalahan pula lewat jaringan supermarket penting Selandia Terkini. Mendekati dengan Australia, ketersediaan materi yang terus menjadi bertambah melahirkan style olahan etnik yang lebih asli, serta sebagian materi santapan etnik sudah diadopsi buat olahan lokal: materi- materi semacam minyak zaitun extra virgin serta tomat yang dikeringkan dengan cahaya mentari, serta tingkatan lebih kecil kecap ikan serta beras kertas telah diamati selaku materi lazim pada tahun 2000, sebaliknya apalagi oleh akhir 1980- an banyak orang sedang hendak dikira mereka selaku amat eksentrik.

Olahan Selandia Terkini di negeri lain

Olahan Selandia Terkini berakibat kecil pada bumi dengan cara besar, walaupun Australia merasakan akibat dari olahan Selandia Terkini, dengan chef populer khusus semacam Iain Hewitson, Justin North, Ben Shewry serta Philip Johnson lahir di Selandia Terkini serta Stephanie Alexander serta Neil Perry dengan cara aktif memasukkan style kuliner Selandia Terkini ke dalam buatan mereka. Karakter khusus, semacam foodie Lauraine Jacobs, kreator roti Dean Brettschneider, serta pengarang David Burton serta Julie Biuso, dihormati dengan cara besar di antara pabrik santapan handal di semua bumi. Chef populer Peter GordonLondon berawal dari Selandia Terkini. Ekspor kuliner sangat populer di negeri itu, pavlova, sudah jadi subjek pertarungan sepanjang puluhan tahun dengan Australia hal tempat penemuannya.

Olahan fusion serta style olahan asing berhubungan dengan olahan modern Selandia Terkini, dengan chef dari Selandia Terkini yang dengan cara aktif menekuni gaya luar negara, serta chef semacam Peter Gordon, kreator roti semacam Dean Brettschneider, serta penggemar kuliner semacam Lauraine Jacobs yang mempengaruhi olahan fusion yang berawal dari New Olahan Selandia. Majalah Cuisine, yang awal kali diterbitkan pada tahun 1986, sudah memperoleh kemasyhuran garis besar serta mempunyai gengsi yang besar di antara komunitas penggemar kuliner di semua bumi.

Please follow and like us:
YouTube
Pinterest
Instagram